Apa yang Anda pahami tentang siklus hidup? Jelaskan macam-macam daur hidup yang terdapat pada protista.

Urutan peristiwa antara fase tertentu dalam satu generasi dan fase serupa pada generasi berikutnya merupakan siklus hidup. Dua jenis siklus hidup terlihat pada protista.

Siklus hidup menunjukkan meiosis zigotik: Ini terjadi pada beberapa dinoflagellata dan jamur lendir seluler. Zigot adalah 2n yang membelah secara meiosis (juga disebut meiosis zigotik) dan menghasilkan sel vegetatif dengan jumlah kromosom 1n. Sel-sel ini membelah berulang kali dengan mitosis dan semua sel anak yang dihasilkan mempertahankan jumlah 1n kromosom. Beberapa sel vegetatif menghasilkan gamet. Ketika gamet-gamet ini bergabung dalam pembuahan, zigot terbentuk dan siklus hidup selesai.

Siklus hidup menunjukkan meiosis gamet: Ini ditemukan di sebagian besar protista protozoa, diatom, dan jamur lendir aseluler. Organisme menghabiskan sebagian besar siklus hidupnya dalam kondisi 2n. Gamet hanya 1n (haploid) yang diproduksi oleh meiosis (juga disebut meiosis gametik). Gamet menyatu untuk membentuk zigot yang tumbuh untuk membentuk individu diploid.

Soal: Apa yang Anda pahami tentang siklus hidup? Jelaskan macam-macam daur hidup yang terdapat pada protista.