Apa itu Pemasaran Jalanan?

Pemasaran jalanan berasal dari taktik penjualan kuno dari pedagang keliling yang menjual barang dagangannya di jalan.

Street marketing adalah teknik pemasaran yang membawa produk atau jasa langsung ke pelanggan di tempat umum.Ditujukan untuk menarik perhatian dan menciptakan buzz, jenis pemasaran ini menyimpang dari metode periklanan yang khas dan sering kali tidak konvensional dalam pelaksanaannya.Menggunakan pemasaran jalanan dapat menjadi cara yang efektif untuk menargetkan lokasi tertentu yang sering dikunjungi oleh pelanggan yang berharga bagi rencana strategis perusahaan.Hal ini juga dapat menjadi cara bagi perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan tentang mereknya dengan memberikan kesan yang berkesan bagi konsumen.

Strategi pemasaran gerilya mungkin termasuk taktik kejutan seperti flash mob.

Terkadang, sangat sulit bagiusaha keciluntuk menyampaikan pesannya melalui berbagai bentuk media tradisional yang tersedia bagi konsumen.Tidak ada jaminan bahwa seseorang akan mendengarkan iklan radio atau mempertahankan saluran tersebut cukup lama untuk menonton iklan televisi.Salah satu alternatif untuk ini adalah pendekatan langsung yang menghilangkan filter apa pun dan membawa pesan perusahaan secara langsung kepada orang-orang, seringkali ketika mereka tidak mengharapkannya.Jenis pemasaran ini, yang dikenal sebagai pemasaran jalanan, dapat menjadi penarik perhatian yang memotong kekacauan media.

Ada banyak cara yang berbeda bahwa pemasaran jalanan dapat dicapai.Strategi tersebut sebenarnya sudah kuno, berawal dari praktik para pedagang yang menjajakan dagangannya di jalan.Tetapi strategi untuk beriklan di jalanan telah berkembang, dan dapat menjadi rumit dan inventif seperti yang diinginkan perusahaan.Bisnis akan sering mempekerjakan apa yang disebut “tim jalanan”, yang terdiri dari pekerja muda berenergi tinggi, untuk melaksanakan kampanye ini.

Salah satu keuntungan utama dari pemasaran jalanan adalah bahwa hal itu dapat diarahkan tepat padatarget audiens yang dituju.Misalnya, restoran atau bar yang mencoba menarik mahasiswa pada liburan musim semi ke pendiriannya akan bijaksana untuk memasang semacam pajangan di pantai selama sore yang cerah.Mengetahuidemografidaerah tertentu harus memungkinkan pemasar untuk mengatur pada waktu dan tempat untuk dampak yang optimal.

Selain itu, pemasaran jalanan adalah salah satu cara bagi usaha kecil yang ingin membuat nama untuk dirinya sendiri untuk mencapai tujuan itu.Menyiapkankampanye pemasarangerilya tak terdugayang agak tidak biasa dapat berisiko karena dapat mengasingkan segmen tertentu dari populasi.Tetapi publisitas yang ditimbulkan oleh aksi semacam itu dan eksposur merek yang akan dicapainya mungkin mengesampingkan risiko itu.Pemasar jalanan harus inovatif dalam presentasi mereka sambil tetap mengelola untuk menyampaikan pesan yang diperlukan.

Scroll to Top