Apa itu Kursus Korespondensi?

Sebagian besar kursus korespondensi diselesaikan secara online.

Kursus korespondensi adalah kelas akademik yang diambil — dan diajarkan — melintasi beberapa jarak geografis. Kursus korespondensi asli dilakukan melalui layanan pos. Profesor akan mengirimkan tugas dan catatan kuliah kepada siswa, yang akan mengembalikan esai dan proyek untuk dinilai. Sebagian besar kursus korespondensi saat ini berlangsung melalui Internet, tetapi konsepnya sama: siswa di mana saja dapat mengambil kelas tanpa harus hadir secara fisik di sekolah.

Kursus Melalui Surat Tradisional

Orang tua yang tinggal di rumah mendapat manfaat dari fleksibilitas kursus korespondensi.

Kursus korespondensi diberi nama sesuai dengan asal posnya. Pada awal tahun 1800-an, mahasiswa yang terdaftar dalam program pembelajaran jarak jauh universitas akan mengirimkan tugas sekolah mereka kepada profesor dengan cara yang sama seperti mereka mengirimkan korespondensi bisnis atau pribadi. Instruktur akan menilai materi, kemudian mengirimkan tugas berikutnya.

Model melalui surat lambat tetapi umumnya efektif, terutama untuk siswa yang sangat sibuk. Profesor hampir selalu menetapkan tenggat waktu, tetapi mahasiswa bebas mengatur jadwal harian mereka sendiri. Selama bahan-bahan itu diberi cap pos pada tanggal yang ditentukan, bagaimana atau kapan pekerjaan itu diselesaikan sebenarnya bukan masalah.

Perkembangan Pembelajaran Online

Hanya sedikit, jika ada, kursus lewat pos yang tersedia saat ini. Namun, caral kursus korespondensi semakin populer, berkat munculnya Internet.

Kursus korespondensi asli dilakukan melalui layanan pos.

Internet, tidak seperti sistem pos, bersifat instan. Ketika seorang mahasiswa mengirimkan sebuah makalah melalui e-mail, makalah itu segera diberi stempel waktu, dan biasanya muncul di kotak masuk profesor dalam hitungan detik — dan banyak kursus sebenarnya dapat diadakan secara real-time melalui Internet berkat konferensi video dan teknologi streaming web. Ruang online juga membuka lebih banyak jalan untuk kolaborasi, sehingga kursus korespondensi cararn terlihat jauh lebih seperti ruang kelas virtual daripada apa pun dari era hanya surat.

Mata Pelajaran dan Kursus yang Tersedia

Kursus korespondensi memungkinkan institusi untuk menawarkan kursus tanpa harus mempekerjakan staf tambahan.

Hampir semua kursus korespondensi asli ditawarkan melalui perguruan tinggi dan universitas. Sekolah yang ingin menjangkau siswa yang tinggal terlalu jauh untuk bepergian tetapi tetap tertarik untuk mengambil kelas adalah pelopor caral pembelajaran jarak jauh.

Sebagian besar waktu, kelas jarak asli ini hanya tersedia untuk pemrograman yang sangat populer. Pelatihan bahasa asing sering kali berada di urutan teratas daftar, diikuti dengan kursus yang melayani ceruk tertentu — kursus bisnis , misalnya, atau seminar medis tertentu. Sebagian besar ditujukan untuk para profesional yang bekerja di kota-kota jauh yang menginginkan akses ke sumber daya universitas.

Penawaran Modern

Guru dapat menilai tugas yang dikirim melalui pos dari siswa yang tinggal di berbagai lokasi dalam kursus korespondensi.

Saat ini, penawaran kursus online jauh lebih luas. Bahasa dan program khusus karier tetap populer, tetapi sama sekali bukan batasannya, dan siswa dengan komputer dan koneksi Internet dapat mengakses apa pun mulai dari hukum hingga teknik , fisika , dan matematika tingkat lanjut. Kursus dapat diambil secara individual, atau sebagai bagian dari program gelar — dan dalam banyak kasus, dimungkinkan untuk mendapatkan gelar keseluruhan dari jarak jauh.

Konferensi video memungkinkan siswa untuk berkomunikasi dengan guru secara real-time selama kursus korespondensi.

Sebagian besar kursus korespondensi online ditawarkan di tingkat perguruan tinggi. Namun, semakin banyak sekolah menengah juga berpartisipasi. Siswa sekolah menengah di area tertentu mungkin memenuhi syarat untuk mendaftar di pendidikan gaya korespondensi dari rumah yang memenuhi semua persyaratan pendidikan pemerintah.

Manfaat bagi Profesional yang Bekerja

Mengambil kursus korespondensi bukanlah sesuatu yang baik untuk semua orang. Bahkan di ruang kelas Internet yang dinamis dan real-time saat ini, pembelajaran tidak pernah sama persis dengan pembelajaran secara langsung. Sama saja, orang-orang tertentu mendapat manfaat besar dari pembelajaran jarak jauh.

Mereka yang sudah mapan dalam karir biasanya berada di urutan teratas daftar. Profesional yang tertarik untuk mendaftar di kelas yang akan membantu mereka maju di tempat kerja sering kali menganggap jadwal pembelajaran online yang fleksibel menarik. Dalam banyak kasus, kuliah dapat diunduh dan didengarkan kapan saja, dan kalender tugas biasanya dapat disesuaikan agar sesuai dengan kewajiban yang ada.

Manfaat untuk Sibuk dan Remote

Demikian pula, orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sangat mobile, seperti mereka yang bertugas di angkatan bersenjata atau mereka yang memiliki banyak komitmen sebelumnya, seperti ibu rumah tangga, sering menemukan banyak manfaat dalam caral kursus korespondensi. Orang-orang di posisi ini sering kali tidak dapat mengikuti jadwal kelas yang ditentukan oleh kursus perguruan tinggi reguler, tetapi tetap menginginkan pendidikan.

Mereka yang cacat dan mereka yang tinggal di daerah yang sangat terpencil mungkin menemukan bahwa kursus korespondensi adalah satu-satunya kesempatan mereka untuk pendidikan tinggi . Universitas bergengsi tidak ada di mana-mana. Ketika akses menjadi masalah, baik secara fisik maupun geografis, mengambil kelas dari jarak jauh seringkali merupakan pilihan yang menarik.

Jenis Institusi yang Menawarkan Kursus

Mayoritas sekolah yang menawarkan kursus korespondensi juga menawarkan pembelajaran berbasis kelas reguler. Mahasiswa yang memperoleh kredit dari rumah tetap mendapatkan gengsi dan reputasi lembaga pemberi. Namun, seiring popularitas pendidikan Internet yang terus meningkat, sejumlah sekolah khusus online telah dibuka, yang hanya menawarkan pembelajaran jarak jauh. Beberapa sekolah ini telah mendapatkan reputasi yang kuat, tetapi yang lain telah mengumpulkan banyak kritik.

Masalah Akreditasi

Sebagian besar kritik di bidang kursus korespondensi berbasis web berkaitan dengan akreditasi. Sekolah yang terakreditasi — yaitu, sekolah yang kurikulum dan integritas kursusnya dievaluasi dan disetujui oleh peninjau independen, biasanya entitas pemerintah — biasanya dianggap sah.

Namun, sejumlah sekolah yang tidak terakreditasi juga ada, dan ini sering dituduh hanya “menjual” ijazah. Nilai pendidikan sebenarnya dari program-program ini diperdebatkan, meskipun biasanya biaya kuliahnya besar. Sekolah dalam kategori ini sering disebut sebagai ” pabrik diploma “, mengacu pada seberapa cepat mereka menghasilkan kredensial.

Menimbang Pro dan Kontra

Memilih apakah akan mendaftar di kursus korespondensi adalah keputusan besar, dan merupakan keputusan terbaik yang dibuat dengan banyak pemikiran yang cermat. Fleksibilitas dan kontrol jadwal adalah dua manfaat terbesar, tetapi ada juga kerugiannya, terutama dalam hal dinamika kelas dan interaksi guru. Memang benar bahwa banyak yang dapat dicapai melalui email, pesan instan, dan konferensi video, tetapi sulit untuk benar-benar menciptakan kembali pengalaman kelas dari jarak jauh.

Scroll to Top