Ketika varietas gandum merah disilangkan dengan varietas gandum putih lainnya, dihasilkan hibrida F1. Pada selfing jika ini, generasi F 2 dihasilkan. Berapa banyak yang mirip secara fenotip dengan orang tuanya (biarkan warna biji gandum dikendalikan oleh tiga pasangan gen)?

Warna butir pada gandum merupakan sifat poligenik. Sebuah sifat poligenik diatur oleh lebih dari satu gen di mana alel dominan dari setiap gen hanya mengekspresikan sebagian dari sifat dan sifat penuh diekspresikan hanya di hadapan alel dominan dari semua gen ganda. Oleh karena itu, tergantung pada genotipe gen ini menunjukkan beberapa fenotipe. Menurut pertanyaan, warna butir gandum dikendalikan oleh tiga pasangan gen. Persilangan antara varietas gabah merah (AABBCC) dan gabah putih (aabbcc) menghasilkan generasi F1 dengan genotipe AaBbCc. Selfing hibrida F1 menghasilkan generasi F2. Fraksi genotipe parental AABBCC adalah 1/64 dan aabbcc adalah 1/64. Jadi, fraksi total generasi F2 yang memiliki genotipe parental dan fenotipe parental adalah 2/64. Jadi, jawaban yang benar adalah pilihan C.

Soal: Ketika varietas gandum merah disilangkan dengan varietas gandum putih lainnya, dihasilkan hibrida F1. Pada selfing jika ini, generasi F 2 dihasilkan. Berapa banyak yang mirip secara fenotip dengan orang tuanya (biarkan warna biji gandum dikendalikan oleh tiga pasangan gen)?

J» 16/2

B» 20/64

C» 15/64

D» 2/64