Bagaimana Saya Menjadi Humas Buku?

Humas buku bertanggung jawab untuk mengatur dan melaksanakan kampanye publisitas untuk buku.

Tidak ada persyaratan formal untuk menjadi seorang penerbit buku , tetapi antusiasme terhadap buku yang dipadukan dengan keterampilan sosial yang sangat baik sangat membantu seseorang yang memasarkan buku, seperti halnya gelar sarjana di bidang yang relevan. Ada beberapa jalur berbeda yang dapat ditempuh seseorang untuk menjadi penerbit buku jika ada minat dalam karir di bidang industri penerbitan ini. Biasanya perlu pindah ke kota besar untuk melakukan pekerjaan semacam ini.

Seorang humas yang bercita-cita tinggi dapat dilayani dengan baik dengan memperoleh gelar dalam bidang jurnalisme atau bahasa Inggris.

Humas buku bertanggung jawab untuk mengatur dan melaksanakan kampanye publisitas untuk buku. Seorang humas tipikal umumnya memasarkan beberapa buku secara bersamaan dan harus mengenal semuanya. Adalah tugas humas untuk mengidentifikasi karakteristik khas dalam sebuah buku yang membedakannya dari buku lain, dengan tujuan menemukan ceruk untuk dipublikasikan. Beberapa humas mengkhususkan diri pada jenis buku tertentu, sementara yang lain mungkin bekerja lebih umum untuk penerbit buku yang memproduksi berbagai jenis buku.

Meskipun perguruan tinggi tidak diharuskan untuk menjadi penerbit buku, itu bisa membantu. Gelar dalam bidang seperti jurnalisme, komunikasi, atau bahasa Inggris akan memberikan seorang humas keterampilan komunikasi yang berharga. Hal ini juga dapat memberikan peluang jaringan yang akan berguna dalam karir humas. Dengan gelar, seseorang yang ingin menjadi penerbit buku juga lebih mudah dipekerjakan. Orang-orang yang tidak memiliki gelar mungkin dipaksa untuk memulai di posisi tingkat rendah dan naik, mengambil lebih banyak waktu untuk memulai karir mereka.

Humas buku biasanya belajar di tempat kerja dengan bekerja pada humas yang berpengalaman. Ketika peserta pelatihan memperoleh pengalaman kerja, semakin banyak tugas yang dapat didelegasikan. Akhirnya, calon humas akan ditugaskan untuk mengelola seluruh kampanye promosi. Humas dapat memutuskan untuk tetap tinggal di perusahaan publisitas atau penerbit yang mereka mulai, atau mereka mungkin memutuskan sendiri setelah mereka memiliki pengalaman yang cukup. Begitu seseorang menjadi humas buku dengan beberapa kampanye publisitas yang sukses, banyak peluang kerja tersedia.

Humas buku perlu menjalin hubungan dengan orang-orang seperti jurnalis yang mungkin menulis buku, acara televisi yang dapat digunakan untuk publisitas, dan penjual buku yang dapat terlibat dalam promosi buku. Mereka mungkin perlu melakukan perjalanan untuk mengoordinasikan kampanye dan penandatanganan buku, dan mereka juga perlu memiliki jam kerja yang fleksibel. Seorang humas buku mungkin perlu menelepon orang yang tinggal di zona waktu yang berbeda atau tersedia untuk acara larut malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *