Bagaimana cara menggiring bola dalam permainan sepak bola

Ada beberapa cara atau teknik dalam menggiring bola, beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini.

Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam

Simple saja dalam melakukan teknik Driblling dengan kaki bagian dalam. Menggiring Bola dengan kaki bagian dalam mempunyai kekurangan yaitu dalam hal gerak karena pada bagian kaki dalam harus sedikit membuka saat menendang bola sehingga mengurangi kecepatan berlari. Saat melakukan Driblling badan harus condong kedepan untuk mengimbangi tumpuan kaki sehingga bisa menghindari lawan yang sedang merebut bola.

  • Awalilah dengan membawa sikap berdiri yang menghadap ke arah gerakan sambil memfokuskan pandangan terus ke depan.
  • Rilekskan kedua lengan di mana sikap kedua lengan tersebut dapat berada di sisi tubuh.
  • Sementara itu, untuk pergelangan kaki bisa Anda putar ke luar dan kuncilah di sana.
  • Pada proses menggiring bola, yang perlu dilakukan adalah mendorong bola memakai bagian dalam kaki ke arah depan sambil posisi kaki sedikit dibuka ke depan bersama-sama dnegan kaki tumpu yang turut digerakkan.
  • Gerakan bola nantinya akan meluncur ke depan bergulir di permukaan tanah dan sebaiknya juga bergulir secara lurus karena itulah gerakan bola yang benar dan sempurna.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda dapat menghentikan bola menggunakan telapak kaki tepat di bagian atas bola.
  • Berat badan dapat ditumpukan di bagian atau sisi kaki yang tak Anda pakai untuk menggiring.
  • Pandangan tetap harus lurus ke depan selama melakukan gerakan tersebut.

Menggiring bola menggunakan kaki kura-kura bagian dalam

Teknik menggiring bola dengan cara ini banyak dilakukan pemain profesional karena mengurangi gerak pada bola ketika dibawa berlari dan memudahkan untuk memindahkan arah bola. Sebenarnya hampir sama dengan teknik menggunakan kaki dalam namun ini menggunakan kaki bagian dalam yang didepan.

Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar

Teknik menggiring bola seperti ini sama saja dengan teknik menendang bola dengan kaki bagian luar. namun yang membedakan yaitu dilakukan dengan memantulkan bola pada tanah dengan jarak yang pendek. Dribbling  mudah untuk membawa bola saat sambil berlari.

  • Posisi awal dari menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah dengan mengawalinya menggunakan sikap berdiri dengan tubuh menghadap arah gerakan dan pandangan tetap fokuskan ke depan.
  • Sikapkan kedua lengan pada sisi tubuh tapi juga dibuat terentang sedikit.
  • Jangan lupa untuk memutar kaki ke dalam, lalu menguncinya.
  • Pada proses menggiring bolanya, Anda perlu mendorong bola menggunakan bagian luar kaki ke arah depan.
  • Posisi kaki bisa sedikit diangkat dari permukaan tanah sambil kaki tumpu juga ikut digerakkan.
  • Pastikan bahwa Anda menumpukan berat badan pada kaki yang tak dipakai untuk menggiring bola.
  • Pergerakan bola dengan gerakan menggiring tadi akan menuju depan tak jauh dari kaki di permukaan tanah.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda bisa menghentikan bola memakai telapak kaki di bagian atas bola.
  • Berat badan ditumpukan jelas pada sisi kaki yang tak Anda pakai untuk menggiring.
  • Pandangan harus tetap fokus ke arah depan sambil melakukan gerakan tadi.

Berdasarkan situasinya, dribble atau menggiring bola dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Closed dribbling yaitu teknik menggiring bola yang dilakukan dengan mengontrol penuh bola ketika bola sedang tidak benar-benar aman dari pemain lawan. Dalam teknik ini, bola tidak bisa ada lebih dari 1 meter di depan kaki kita.
  2. Speed dribbling yaitu teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menendang bola ke depan, lalu kita mengejarnya dengan berlari secepatnya. Tapi, syaratnya kita harus benar-benar bebas dari desakan pemain lawan.

Apa pengertian Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola atau dribbling adalah teknik pemain bola bergerak membawa bola saat menghadapi lawan Bu. Jadi Dribbling itu tujuannya untuk mendekati gawang dan melewati lawan.

Dribbling itu dapat dilakukan dengan beberapa bagian kaki, seperti kaki bagian dalam, luar, bawah, atau bagian punggung kaki. Dan kalau anak Ibu berusia 6-12 tahun sangat dianjurkan untuk melakukan dribbling dengan punggung kaki ya.

Dalam olahraga, menggiring bola adalah melakukan manuver bola oleh satu pemain sambil bergerak ke arah tertentu, menghindari upaya pemain bertahan untuk mencegat bola. Dribble yang sukses akan membawa bola melewati pemain bertahan secara legal dan menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Dribbling salah satu keterampilan individu yang mesti dikuasai oleh setiap pemain sepakbola. Karena sangat erat hubungannya dengan penguasaan bola dilapangan, karena bola harus selalu berada dalam penguasaan kita. Menggiring bola harus mampu dilakukan baik tanpa lawan maupun melewati lawan dengan berbagai teknik penguasaan bola.

Yang harus diperhatikan kalau melakukan dribbling, yaitu :

  1. Bisa dorong bola secara perlahan dengan langkah pendek.
  2. Bola harus berada di depan kaki tapi jangan jauh dari jangkauan.
  3. Pandangan mata tidak hanya tertuju pada bola, tapi juga memperhatikan posisi dan pergerakan teman satu tim dan lawan.