Fungsi Pigmen Melanin pada Kulit adalah

Fungsi Pigmen Melanin pada Kulit ialah memberi warna kulit dan melindungi terhadap sinar matahari. Melanin adalah pigmen yang memberi warna kulit. Melanin ini diproduksi oleh apa yang disebut melanosit di kulit.

Melanin adalah cara tubuh sendiri untuk melindungi kulit terhadap sinar matahari. Molekul ini secara efektif menyerap sinar UV dan menetralkan molekul-molekul yang merusak (radikal) yang diciptakan oleh paparan sinar matahari.

Melanin adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang berkulit gelap dengan jumlah yang lebih sedikit, walaupun banyak orang berkulit putih ingin memiliki lebih banyak. Ini adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata kita. Pigmen diproduksi dalam kelompok sel khusus yang dikenal sebagai melanosit.

Melanin adalah penyerap cahaya yang efektif; pigmen mampu menghilangkan lebih dari 99,9% radiasi UV yang diserap. Karena sifat ini, melanin dianggap melindungi sel-sel kulit dari kerusakan radiasi UVB. Karena itu, dapat dikatakan bahwa melanin adalah cara tubuh sendiri untuk melindungi kulit terhadap sinar matahari.

Meskipun kulit gelap memang menawarkan lebih banyak perlindungan alami dari sinar matahari yang berbahaya daripada kulit terang tetapi tidak ada yang kebal terhadap kerusakan yang disebabkan oleh matahari. Keamanan matahari penting untuk setiap jenis kulit dan tabir surya adalah pelindung matahari terbaik.