Penyebab Doa Tidak Kunjung Terkabul

Pasti akan terasa sakit pencegahan dari Allah, itu karena tidak pahamnya kita dari Allah terhadap pencegahan-Nya.

Penjelasan : Banyak sekali orang yang merasa sakit ketika keinginannya tidak dilaksanakan atau dikabulkan oleh Allah. Maksudnya banyak orang yang minta kepada Allah, tetapi Allah tidak memberinya, lalu hal tersebut membuat orang tersebut sakit hati.

Hal demikian disebabkan oleh ketidakpahaman kita terhadap pencegah atau penghalang Allah, sebab kalau orang yang mengerti adanya penghalang tersebut, dia sadar bahwa itu disengaja oleh Allah, supaya kita ingat terhadap Maha Perkasanya Allah, sehingga menjadi bertambah mengagungkan-Nya.

Dan kenapa dicegah karena bisa menimbulkan bahaya atau tidak ada kemaslahatan, atau akan diberi yang lebih baik. Apabila orang ingat serta mengerti terhadap pencegahan atau penghalang Allah, maka tidak akan merasa sakit hati.

Oleh karena itu kita jangan sampai ada perasaan sakit ketika segala permintaan atau doa kita tidak diperkenankan oleh Allah. Karena Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Suatu perkara yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, begitupun juga sebaliknya suatu perkara yang dianggap buruk oleh kita belum tentu buruk menurut Allah.

Sudah seharusnyalah kita turut terhadap segala perintah Allah dan Rasul-Nya, karena apabila kita melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, kita akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (hikmah kesembilan puluh dua)