Reproduksi Anuran: Katak dan Kodok, Strategi Reproduksi

Reproduksi

Anurans (katak dan kodok), sebagai amfibi, memiliki siklus hidup bifasik di mana remaja menghuni perairan air tawar dan orang dewasa hidup bebas di darat. Anuran menunjukkan keragaman besar mode reproduksi dalam kelompok Amphibia. Mari kita lihat lebih dekat reproduksi anuran .

Umumnya pada reproduksi anuran, pembuahan bersifat eksternal dan terjadi bersamaan dengan keluarnya sperma dan oosit ke dalam air. Namun, ada beberapa pengecualian untuk mode reproduksi umum ini. Beberapa fenomena reproduksi yang menarik telah dilaporkan pada anuran, termasuk pembuahan internal, hibridisasi alami dengan reproduksi heterospesifik, dan reproduksi terestrial.

Dalam artikel ini kami berusaha mendokumentasikan beberapa aspek menarik dari reproduksi anuran, menyoroti jenis reproduksi dan beberapa variasi menarik pada pola reproduksi umum yang diperlihatkan oleh amfibi ini.

Reproduksi anuran (Anura)

Amplexus di anurans mengacu pada mode kopling antara laki-laki dan perempuan selama acara reproduksi. Anurans menunjukkan empat perilaku amplexus yang berbeda, pencarian aktif betina, perpindahan jantan lain selama amplexus, jantan satelit dengan peristiwa reproduksi lebih banyak daripada yang lain, dan poliandri di mana beberapa jantan mencoba membuahi oosit yang dilepaskan oleh betina. Dalam perilaku reproduksi terakhir ini, persaingan sperma meningkat dan laki-laki dengan lebih banyak inversi gonad lebih disukai.

Secara umum, perilaku mencari betina dan perpindahan jantan selama acara kawin terlihat ketika tingkat betina rendah dalam populasi.

Dalam konteks faktor-faktor yang dapat menentukan penentuan dan diferensiasi seksual, kepekaan terhadap suhu merupakan faktor penentu dalam diferensiasi seksual pada anura. Baru-baru ini, gen yang bertanggung jawab atas penentuan jenis kelamin terdeteksi di anuran Xenopus laevis . Kemajuan ini berhasil meningkatkan interpretasi kami tentang proses diferensiasi dan penentuan seksual pada amfibi ini. Di anurans, testis pada pria menghasilkan sperma melalui perkembangan peristiwa yang mirip dengan jalur perkembangan vertebrata lainnya. Meskipun sebagian besar anuran bersifat ovipar, kami memiliki beberapa spesies seperti Nectophrynoides occidentalis dengan jenis reproduksi vivipar [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *