Bagaimana Saya Bisa Belajar Mendelegasikan Pengambilan Keputusan?

Banyak manajer memiliki masalah membiarkan karyawan mereka melakukan pekerjaan.

Jika Anda ragu untuk mendelegasikan, Anda tidak sendirian.Banyak manajer lebih suka melakukan semuanya sendiri daripada harus mencari cara untuk meminta orang lain membuat keputusan untuk menyelesaikan tugas – baik karena takut dianggap terlalu menuntut atau pekerjaan tidak akan diselesaikan dengan benar.Tetapi seorangmanajertidak dapat secara pribadi menyelesaikan setiap tugas.Dia harus bergantung pada orang lain untuk membantu mencapai tujuan.Suka atau tidak, belajar mendelegasikan adalah bagian penting dari manajemen bisnis.Anda dapat belajar mendelegasikan pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan perspektif Anda sendiri dan karyawan Anda.

Langkah pertama dalam belajar mendelegasikan pengambilan keputusan adalah memutuskan keputusan apa yang Anda buat dapat didelegasikan.Kesampingkan ego Anda dan tanyakan pada diri sendiri keterampilan atau bakat apa yang mungkin dimiliki bawahan Anda yang lebih berkembang daripada Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.Itu mungkin sulit, tetapi itu tidak berarti kegagalan Anda, karena manajer yang baik memercayai dan mengembangkan bakat orang lain.Pastikan untuk menggunakan waktu yang Anda hemat saat Anda mendelegasikan untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling memanfaatkan kejeniusan Anda sendiri untuk membuat diri Anda bersinar dengan hak Anda sendiri.Pelajari bahwa Anda tidak harus melepaskan kendali saat mendelegasikan.

Selanjutnya, belajarlah untuk mendelegasikan tugas pengambilan keputusan yang ingin Anda lakukan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi Anda.Belajarlah untuk mengomunikasikan dengan jelas apa yang diharapkan untuk dilakukan oleh karyawan dan kapan tepatnya karyawan harus menyelesaikannya.Pastikan untuk memberikan otonomi yang cukup kepada karyawan untuk mengetahui detailnya karena karyawan yang mengelola mikro dapat memperlambat produktivitas dan membuat karyawan merasa bahwa Anda kurang percaya diri dengan kemampuan pengambilan keputusan mereka.Pastikan juga karyawan tahu bahwa mereka dapat datang kepada Anda dengan pertanyaan dan kekhawatiran apa pun yang mungkin mereka miliki tentang suatu proyek.

Belajarlah untuk menerima kegagalan sebagai bagian dari pertumbuhan ketika Anda mendelegasikan pengambilan keputusan dengan membiarkan karyawan membuat kesalahan dan belajar darinya.Tunjukkan kepercayaan Anda pada bawahan Anda dengan mendelegasikan tugas lain segera setelah dia melakukan kesalahan.Sadarilah bahwa ketika Anda mendelegasikan pekerjaan kepada seorang karyawan dengan menjadikannya sebagai mitra dalam proses pengambilan keputusan, Anda membantu karyawan tersebut merasa lebih berharga dan dihargai di perusahaan.Pengambilan keputusan bersama tersebut dapat menghasilkanproduktivitas karyawan yanglebih besarserta peningkatan tingkat komunikasi antara Anda dan bawahan Anda.

Scroll to Top