Manajer komputer dapat dipanggil oleh personel perusahaan ketika ada masalah dengan komputer atau sistem komputer.
Seorang manajer komputer , juga dikenal sebagai manajer teknologi informasi (TI), atau manajer komputer dan sistem informasi, membantu mengawasi dan menyatukan upaya komputer, program, server sistem informasi, dan orang-orang yang bekerja pada komputer tersebut dalam suatu organisasi. atau perusahaan. Penciptaan dan implementasi berbagai sistem informasi komputer untuk perusahaan atau organisasi adalah salah satu tanggung jawab utama seorang manajer komputer. Sejumlah keterampilan teknis diperlukan untuk melakukan banyak tugas yang terkait dengan posisi ini. Keberhasilan bisnis mungkin sangat tergantung pada manajemen dan keterampilan manajer komputernya.
Manajer komputer harus mengawasi pemeliharaan server sistem informasi, melakukan penelitian untuk menemukan metode pengurangan biaya, dan memastikan keamanan informasi bisnis yang melewati server sistem informasi. Seorang manajer komputer juga memastikan bahwa keseluruhan biaya operasi sistem informasi tetap dalam anggaran. Peran penting lain dari seorang manajer komputer adalah untuk tetap mengikuti tren dan kemajuan teknologi terbaru. Pelatihan berkelanjutan di bidang ini memberi manajer komputer pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami dan sepenuhnya memanfaatkan teknologi, perangkat keras, dan perangkat lunak yang digunakan di tempat kerja. Bagian dari pekerjaan ini juga dapat mencakup perencanaan, koordinasi, dan pengarahan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan data, sistem informasi, dan pemrograman.
Keterampilan teknis yang diperlukan untuk pekerjaan ini sering dipelajari melalui penyelesaian program pelatihan atau kursus pendidikan formal, yang dapat menghasilkan berbagai tingkat sertifikasi teknis, gelar associate, atau bahkan gelar sarjana dalam ilmu komputer atau bidang terkait teknologi komputer lainnya. , seperti sistem informasi atau sistem informasi manajemen. Beberapa perusahaan mungkin tidak memerlukan gelar sarjana jika beberapa tahun pengalaman telah diperoleh dari pekerjaan sebelumnya di sektor teknologi informasi. Manajer komputer yang memiliki sertifikasi khusus yang menunjukkan spesialisasi dalam program perangkat lunak atau perangkat keras tertentu mungkin tidak diharuskan untuk mendapatkan gelar sarjana. Mereka yang memiliki gelar master dalam administrasi bisnis (MBA) lebih mungkin untuk maju ke posisi manajemen atas.
Seorang manajer komputer yang sukses kemungkinan akan memiliki sejumlah keterampilan praktis, termasuk kemampuan untuk bekerja sama dengan orang-orang dalam situasi stres. Manajer komputer dapat dipanggil oleh personel mana pun di perusahaan ketika ada masalah dengan komputer atau sistem komputer. Keterampilan interpersonal yang berkembang dengan baik juga dapat menjadi bagian besar dari pekerjaan ini karena manajer komputer mungkin diminta untuk bekerja dengan banyak jenis personel yang berbeda pada banyak masalah atau masalah yang berbeda sepanjang hari. Kemampuan untuk mendelegasikan tugas kepada personel lain dan untuk memantau pekerjaan mereka juga membutuhkan keterampilan manajemen dan komunikasi yang sangat baik.