Iklan radio sering mengandalkan jingle atau frase untuk menarik perhatian audiens.
Untuk bisnis lokal dan bisnis nasional atau dunia, iklan radio lokal dapat membantu perusahaan mencapaitarget pasardengan biaya iklan yang cukup rendah.Manfaat khusus dari iklan radio lokal dapat sedikit berbeda tergantung pada jenis perusahaan yang melakukan iklan, tetapi karena biaya produksi iklan radio dan biaya untuk menjalankan iklan tersebut cukup rendah, perusahaan akan dapat menjangkau banyak pendengar tanpa mengeluarkan biaya. jumlah yang signifikan.Lebih jauh lagi, perusahaan kemungkinan akan menjangkau audiens yang lebih besar karena seseorang tidak harus berada di lokasi tertentu untuk mendengarkan iklan.
Sebaliknya, iklan televisi mengharuskan seseorang berada di depan televisi untuk melihat iklan tersebut.Iklan radio lokal dapat menjangkau pelanggan yang sedang berbelanja, di kantor, di dalam mobil, atau bahkan di gym.Seseorang dapat melakukan hal-hal lain sambil mendengarkan radio, sehingga kemungkinan seseorang mendengarkan radio sendiri lebih tinggi;seseorang yang mendengarkan sendirian cenderung tidak berpartisipasi dalam percakapan atau tugas lain yang memerlukan perhatian ketat, sehingga orang tersebut dapat memikirkan iklan dan menyimpan informasinya.Karena iklan lebih murah untuk diproduksi dan dijalankan, perusahaan dapat memilih untuk memutar iklan di lebih dari satu stasiun radio, dan lebih sering, semakin meningkatkan jumlah orang yang mendengar iklan pada waktu tertentu.
Perusahaan juga dapat berinvestasi dalam iklan radio lokal untuk mengambil bagian dalam pemasaran yang ditargetkan.Sebuah stasiun radio kemungkinan besar mengetahui demografi audiensnya, jadi jika sebuah perusahaan mencoba untuk mencapai demografi tertentu, perusahaan tersebut dapat berinvestasi dalam iklan radio lokal dengan satu stasiun di atas yang lain karena stasiun tersebut memenuhi kebutuhan demografi target.Ini berarti perusahaan menghabiskan uang untuk pemasaran yang kemungkinan besar akan mencapai audiens utama daripada membuat kampanye iklan yang mungkin atau mungkin tidak mencapai target.
Sebuah perusahaan nasional atau di seluruh dunia dapat mulai mengembangkan reputasi lokal melalui iklan radio lokal.Banyak orang memiliki kesetiaan pada stasiun tertentu, dan mereka mengidentifikasi stasiun itu dengan wilayah mereka dalam banyak kasus.Beriklan secara lokal memungkinkan perusahaan global atau nasional untuk mengidentifikasi dengan orang-orang di tingkat lokal, meningkatkan kemungkinan bahwa orang-orang itu kemudian akan mengidentifikasi perusahaan global itu sebagai sesuatu yang lebih lokal daripada yang sebenarnya.