Apa Keuntungan Kepuasan Pelanggan?

Untuk mempertahankan pelanggan setia, bisnis harus secara teratur menilai kebutuhan dan harapan konsumen.

Keuntungan kepuasan pelanggan terhadap bisnis sulit ditaksir terlalu tinggi.Mereka dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori:retensi pelanggan, penghematan iklan, buffer harga, dan intelijen bisnis.Manfaat ini tersedia bagi manajer yang secara aktif mengembangkan pengalaman pelanggan yang positif.

Tingkat retensi pelanggan yang tinggi biasanya merupakan tujuan utama perusahaan.Untuk menerapkan program retensi pelanggan membutuhkan partisipasi seluruh perusahaan.Banyak bisnis menghabiskan sebagian besar anggaran pemasaran untuk mencoba memanfaatkan keuntungan dari kepuasan pelanggan.Statistik retensi pelanggan mungkin sulit diperoleh, dan studi ini mungkin disalahartikan.

Keluhan harus selalu diselesaikan sesegera mungkin untuk mempertahankan keunggulan kepuasan pelanggan.

Pakar bisnis sering menyatakan bahwa biaya untuk menjual ke pelanggan yang sudah ada lebih kecil daripada biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.Pelanggan yang sudah mapan sudah mengetahui bisnis ini dan tidak perlu mengubah kebiasaan membeli yang sudah mapan.Layanan pelangganadalah landasan utama pematangan status pelanggan baru menjadi pelanggan yang sudah mapan.

Sekitar 20% dari pertumbuhan tahunan dapat dikaitkan dengan pemeliharaan pelanggan yang ada dengan hati-hati.Tingkat pertumbuhan yang eksplosif, dalam kisaran 50% hingga 100% per tahun, memerlukan berbagai upaya periklanan dan promosi yang ditujukan untuk pelanggan baru.Manfaat kepuasan pelanggan muncul ke permukaan di perusahaan-perusahaan yang berkembang pesat ini.Pemasaran media sosial saja dapat membuat atau menghancurkan produk baru karena ribuan orang yang tidak dikenal memberikan dukungan atau menunjukkan kekurangan dari entri pasar terbaru.Peringkat persetujuan tinggi dari pengguna yang terhubung dengan baik dapat membuat saham penyedia melonjak dan mesin kasir berdering.

Biaya sebagian besar bisnis lebih murah untuk menjual ke pelanggan yang sudah ada daripada mendapatkan yang baru.

Sensitivitas harga, sebagai salah satu keuntungan yang sering dirasakan dari kepuasan pelanggan, sebenarnya dapat meningkat ketika tingkat kepuasan pelanggan meningkat, karena ekspektasi yang lebih tinggi dari pelanggan yang sudah mapan dan puas.Penurunan sensitivitas harga atau peningkatan toleransi harga mungkin berasal dari perubahan nyata dalam tingkat kepuasan pelanggan.Pelanggan yang mengamati peningkatan upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan lebih mungkin untuk menerima kenaikan harga.

Kepuasan pelanggan dapat menyebabkan bisnis yang berulang.

Seringkali, pelanggan dapat menawarkan sumber umpan balik yang unik kepada pemilik bisnis.Jika sarana komunikasi yang tepat ada, pelanggan akan merasa bebas untuk membuat kritik yang membangun.Intelijen bisnis bisa datang dari komentar atau pengamatan pelanggan.

Konsumen sering kali menjadi orang pertama yang mengetahui pesaing baru, teknik baru, atau teknologi baru yang dapat mengancam produk dan layanan inti perusahaan.Kelompok fokus dapat mengungkapkan pengetahuan dasar ini serta polling,penambangan data, danmetoderiset pasarlainnya.Pemilik bisnis sering dapat memperoleh setidaknya sebagian dari informasi ini dengan berkomunikasi dengan pelanggan mereka sendiri.Keluhan harus selalu diselesaikan secepat mungkin untuk menjaga keunggulan kepuasan pelanggan.

Scroll to Top