Apa Berbagai Jenis Alat BPO?

Pengadaan proses bisnis outsourcing (BPO) mentransfer pemeriksaan, pengamanan, dan pengelolaan vendor bahan baku ke perusahaan pihak ketiga.

Alat BPO bukanlah barang fisik karena merupakan layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga.Perusahaan dapat mengalihdayakan proses bisnis tertentu ke pihak ketiga, memungkinkan bisnis ini menyelesaikan aktivitas dengan biaya tertentu.Pertama, alat BPO dapat berupa vertikal atau horizontal.Alat vertikal mengambil aktivitas dari awal sampai akhir;alat horizontal menyelesaikan aktivitas yang berkorelasi dari dua aktivitas yang berbeda.Biasanya kegiatan outsourcing mungkin perekrutan, penjualan,pengadaan, atau akuntansi.

Pekerjaan BPO dapat ditemukan di industri TI.

Setiap aktivitas dalam bisnis biasanya memiliki banyak tugas yang disusun dalam urutan tertentu.Alat BPO vertikal menangani masing-masing tugas tunggal ini untuk sepenuhnya memenuhi aktivitas perusahaan.Misalnya, aktivitas pengadaan mungkin memiliki tugas seperti identifikasi dan pemilihan pemasok, tinjauan sumber daya, penempatan pesanan dan penerimaan barang, dan pembayaran.Perusahaan outsourcing menyelesaikan semua tugas ini sebagai bagian dari proses outsourcing vertikal.Kegiatan lain memiliki langkah-langkah yang termasuk dalam cara ini, meskipun tugas berhubungan secara khusus dengan kegiatan tersebut.

Alat BPO horizontal memungkinkan perusahaan outsourcing untuk bekerja di berbagai aktivitas saat menyelesaikan tugas.Akuntansi adalah kegiatan umum yang biasanya berada di bawah proses BPO horizontal.Misalnya, departemen penjualan sering bertanggung jawab untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan.Departemen pengadaan meminta pembayaran untuk pemasok yang mengirimkan barang ke perusahaan.Ketika bisnis outsourcing menangani kedua tugas ini sebagai bagian dari aktivitas akuntansi, itu adalah BPO horizontal.

Di luar masing-masing jenis alat BPO ini,entri dataataulayanan pelangganadalah aktivitas outsourcing yang paling umum.Aktivitas entri data biasanya merupakan tugas umum yang memerlukan penggunaan pekerja tidak terampil.Perusahaan dapat melakukan outsourcing kegiatan ini untuk menghemat waktu, modal, dan tenaga dalam membangunpenggajiandan memelihara fasilitas bagi karyawan untuk bekerja.Layananpusat panggilanadalah tugas serupa yang dialihdayakan untuk alasan yang sama.Tanpa teknologi, fasilitas, atau kemampuan untuk menangani pesanan atau pertanyaan pelanggan dalam jumlah besar, alat BPO adalah cara yang harus dilakukan saat menangani aktivitas ini.

Ketika sebuah perusahaan mencari perusahaan outsourcing, alat BPO menawarkan berbagai pilihan.Misalnya, bisnis dapat memilih mitra outsourcing yang lokal atau internasional.Perusahaan outsourcing dapat menawarkan beberapa layanan, seperti layanan panggilan, pemenuhan, dan iklan surat.Bisnis dapat memilih untuk menggabungkan layanan dengan satu perusahaan outsourcing atau memisahkan aktivitasnya.Biasanya dibutuhkan beberapa waktu untuk meneliti alat yang tersedia saatmelakukankegiatanoutsourcing.

Scroll to Top