Apa yang dilakukan Analis Pasar?

Analis pasar meneliti permintaan konsumen.

Pekerjaan seorang analis pasar melibatkan meneliti, merasakan, dan menganalisis kondisi pasar untuk produk atau layanan tertentu. Umumnya, sebuah perusahaan akan mempekerjakan seorang analis pasar atau tim analis yang akan meneliti informasi ini sebelum suatu produk dikembangkan atau diluncurkan. Posisi ini melibatkan berjam-jam penelitian, tetapi merupakan bagian penting dari rencana pemasaran bisnis apa pun .

Pekerjaan seorang analis pasar melibatkan meneliti, merasakan, dan menganalisis kondisi pasar untuk produk atau layanan tertentu.

Penelitian dan pengembangan adalah bagian besar dari apa yang dilakukan seseorang dengan pekerjaan ini. Analis harus meneliti permintaan konsumen, mengambil jajak pendapat dan survei, dan menemukan produk apa yang ingin dilihat pelanggan di pasar. Dia juga mendapatkan wawasan tentang fitur produk saat ini yang tidak populer di kalangan konsumen sehingga dapat dihapus atau diubah.

Seorang analis pasar melakukan pekerjaannya dengan berkomunikasi dengan publik melalui jajak pendapat, survei, kelompok fokus, dan cara lain untuk mendapatkan opini. Ini membantu perusahaan mengetahui di mana dan kepada siapa ia harus menargetkan upaya pemasarannya. Dengan melakukan ini, uang pemasaran tidak terbuang sia-sia pada bagian populasi yang tidak tertarik pada produk yang ditawarkan; dan lebih banyak uang difokuskan pada area yang kemungkinan besar akan dibeli.

Analis pemasaran melihat tanggapan konsumen dari kelompok tertentu.

Seringkali, analis pasar juga akan membantu pemasaran sebenarnya dari produk yang dijual. Dia akan menawarkan informasi tentang audiens utama untuk produk dan membantu pengiklan untuk mengembangkan konsep yang akan menarik bagi mereka. Ini adalah strategi yang sangat penting karena kampanye pemasaran hanya seefektif materi iklan yang mempromosikannya.

Analis pasar juga dapat membantu perusahaan mengembangkan produk baru yang saat ini tidak ditawarkan. Ketika konsumen mengungkapkan kebutuhan atau keinginan, banyak bisnis yang tepat dengan cepat bertindak dalam menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka mendapatkan informasi ini melalui analis pasar khusus yang mencari tahu persis apa yang ingin dibeli konsumen. Perusahaan dengan staf analis terkuat umumnya melakukan yang terbaik di pasar karena mereka sering kali menjadi yang pertama mengembangkan barang yang paling diminta oleh penduduk.

Untuk menjadi analis pasar, sangat disarankan untuk memperoleh gelar empat tahun dalam bisnis, pemasaran, atau bidang terkait. Terkadang gelar tidak diperlukan jika orang tersebut bekerja di perusahaan yang sama, meskipun memiliki pemahaman yang kuat tentang penelitian dan pengembangan, dan pemasaran masih diperlukan. Ada juga banyak analis pasar wiraswasta yang menyediakan layanan mereka untuk bisnis dan organisasi.

Scroll to Top