Pernyataan Ketika Drosophila betina bermata putih bertubuh kuning dihibridisasi dengan jantan bertubuh coklat bermata merah; dan keturunan F1 disilangkan, rasio F2 menyimpang dari 9:3 : 3: 1.Alasan Ketika dua gen dalam dihibrid berada pada kromosom yang sama, proporsi kombinasi gen parental jauh lebih tinggi daripada tipe non-parental. Ketika Drosophila bertubuh kuning, betina bermata putih dihibridisasi dengan jantan bertubuh coklat bermata merah; dan keturunan F1 disilangkan, rasio F2 menyimpang dari 9:3 : 3:1.

Ketika gen untuk ciri-ciri tertentu (seperti Drosophila bertubuh kuning/putih atau bermata putih/merah) terletak sangat dekat satu sama lain pada kromosom, ada sedikit kemungkinan untuk pindah silang, memberikan kombinasi induk yang lebih tinggi. Ketika gen berada pada lokus yang berbeda pada kromosom, jarak di antara mereka cukup jauh, ada kemungkinan rekombinasi yang lebih tinggi, sehingga menimbulkan fitur campuran atau non-orang tua, untuk autosom. Namun, karena warna tubuh dan warna mata terdapat pada kromosom X, penyimpangan akan berhubungan dengan jenis kelamin selain rekombinasi, yang tidak akan terjadi pada laki-laki karena mereka hemizigot untuk sifat yang mereka bawa.

Jadi, jawaban yang benar adalah ‘ Pernyataan dan Alasan benar tetapi Alasan bukan penjelasan yang benar untuk Pernyataan’

Soal: Pernyataan Ketika Drosophila betina bermata putih bertubuh kuning dihibridisasi dengan jantan bertubuh coklat bermata merah; dan keturunan F1 disilangkan, rasio F2 menyimpang dari 9:3 : 3: 1.Alasan Ketika dua gen dalam dihibrid berada pada kromosom yang sama, proporsi kombinasi gen parental jauh lebih tinggi daripada tipe non-parental. Ketika Drosophila bertubuh kuning, betina bermata putih dihibridisasi dengan jantan bertubuh coklat bermata merah; dan keturunan F1 disilangkan, rasio F2 menyimpang dari 9:3 : 3:1.

A» Pernyataan dan Alasan keduanya benar dan Alasan adalah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

B» Baik Pernyataan dan Alasan benar tetapi Alasan bukanlah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

C» Pernyataan benar tetapi Alasan salah

D» Pernyataan dan Alasan keduanya salah