Ketaatan Manusia Kepada Allah Akan Dibalas Di Dunia dan di Akhirat

Apabila kita menemukan buahnya tha’at di alam dunia, itu merupakan penggembira untuk orang yang shalih, dan akan dibalas dengan pembalasan yang sempurna di akhirat nanti.

Tho’at kepada Allah itu sering terlihat buahnya. Dan buahnya tho’at kepada Allah itu seperti adanya ketenteraman hati, yaitu ketika berbakti kepada Allah tidak terganggu oleh kebingungan dunia.

Atau juga mudahnya mendapatkan/menghasilkan fadholnya Allah, atau bisa mencegah dari kemaksiyatan dan menjauhi dari hal-hal yang tidak berguna.

Dengan adanya orang-orang menemukan macam-macam buahnya tho’at di alam dunia, maka itu merupakan penggembira dari Allah. nanti di akhirat akan dibalas dengan pembalasan yang sempurna.

Allah itu Maha Adil, sehingga setiap tingkah laku dan perbuatan manusia di alam dunia akan dibalas dengan seadil-adilnya. Oleh karena itu kita semua harus hati-hati dalam berperilaku di alam dunia. Laksanakanlah semua perintah dari Allah swt dan jangan melakukan perbuatan yang dilarang oleh-Nya. Selain itu kita harus meneladani setiap perbuatan dari Nabi saw, para sahabat, dan para ulama, bergaullah dengan orang-orang shalih dan orang-orang berilmu.

Berimanlah kepada setiap ketentuan dari Allah, yakinlah bahwa setiap perkara yang terjadi di alam dunia ini dan yang menimpa diri kita sudah ada qadha dan qadarnya.

Lakukanlah amal baik sebanyak-banyaknya, lakukanlah dengan ikhlas dan hanya ingin mendapatkan ridha dari Allah swt.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (hikmah kedua ratus empat puluh dua)