salamander biasa

Salamander umum
Foto: Gabriel González/CC BY 2.0

Lokasi geografis

Salamander umum didistribusikan di banyak wilayah di Eropa tengah, timur dan selatan.

Karakteristik dan deskripsi spesies

Mereka berekor yang pada masa dewasa dapat mencapai panjang hingga 24 cm, tubuhnya berwarna hitam dan memanjang, menonjolkan ciri bintik kuning yang tercetak di sekujur tubuhnya, penyebarannya bervariasi jika memperhitungkan keberadaan lebih dari 15 subspesies.

Kepalanya besar, ujungnya membulat, kakinya pendek beradaptasi dengan kehidupan di darat, jari-jarinya tidak berselaput. Warnanya yang cerah adalah sarana pertahanan melawan pemangsanya, begitu pula kelenjar beracun yang ada di tubuhnya.

Kebiasaan dan makan salamander biasa

Salamander biasa aktif di malam hari, lebih aktif setelah hari hujan; Pada siang hari atau saat cuaca lebih kering, mereka berlindung di antara batang kayu, di bawah batu dan rongga lainnya. Mereka tinggal di daerah berhutan dengan banyak lumut dan serasah daun Mereka adalah amfibi soliter yang musim dingin di bulan November; spesimen yang hidup di daerah yang lebih hangat dapat memasuki keadaan estivasi sampai iklim lebih menguntungkan untuk berekor.

Mereka memakan invertebrata yang bergerak lambat: cacing, siput, atau siput; mereka juga mengkonsumsi myriapods dan serangga seperti kumbang.

Reproduksi

Perkawinan terjadi di darat, jantan menyimpan spermanya dengan bergabung dengan kloaka, sel sperma dapat bertahan lama di kloaka betina.

Reproduksi ovovivipar, larva disimpan di air, mereka biasanya bertahan selama sekitar tiga bulan, setelah metamorfosis selesai mereka dapat meninggalkan air dan menjalani kehidupan di darat.

Di beberapa wilayah geografis yang lebih kering, larva dilahirkan bermetamorfosis (reproduksi vivipar) dan karena itu tidak membutuhkan air untuk berkembang.

Nama yang umum

Salamander biasa, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Fire Salamander [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *