Salamander meridian, Bolitoglossa orestes, amfibi hutan tropofil

Paradais Sphynx/CC BY 2.0

Salamander Meridian atau salamander gunung , Bolitoglossa orestes , adalah spesies amfibi dari ordo Urodelo (berekor) dan terintegrasi ke dalam famili Plethodontidae. Hewan ini memiliki penampilan yang bisa dikacaukan dengan kadal, bedanya salamander, seperti kebanyakan amfibi, tidak memiliki sisik dan urodel juga memiliki tubuh memanjang dengan kaki pendek.

Seperti amfibi Andean lainnya, salamander Meridian terganggu oleh degradasi habitat akibat penggundulan hutan dan kontaminasi dari kegiatan pertanian.

Kebiasaan, makan, dan reproduksi salamander Merida

Spesies ini aktif di malam hari dan semi-arboreal. Pada siang hari mereka bertengger di spesies semak dan bromeliad, meskipun mereka ditemukan di bawah serasah daun yang membusuk.

Bolitoglossa orestes memakan arthropoda dan makanannya terutama terdiri dari semut, tungau, dan kalajengking semu.

Meskipun pada sebagian besar amfibi terdapat fase akuatik yang dikenal sebagai kecebong atau larva, salamander Merida menunjukkan perkembangan langsung, yaitu individu dengan karakteristik dewasa tetapi ukurannya lebih kecil menetas dari telur.

Ciri-ciri salamander meridian

Salamander Meridian memiliki tubuh yang memanjang dan ekor yang berkembang dengan baik yang memiliki dasar yang lebar tetapi meruncing ke arah ujung distal. Tungkai depan dan belakang pendek dan kepala rata dan setengah bulat, dengan mata kecil. Di punggung, di daerah atas kepala dan di depan ekor, warnanya antara coklat dan jingga, dan daerah samping dari kepala hingga ekor berwarna coklat tua cenderung hitam. Beberapa populasi juga memiliki bintik keperakan di batang, kepala, dan sisi ekor.

Individu dari spesies ini dapat berukuran panjang antara 3 dan 4,6 sentimeter, dari mimbar hingga kloaka, dan panjang ekornya hampir sama. Laki-laki berbeda dari perempuan dengan menghadirkan alur naso-labial yang berkembang dengan baik, yang pada perempuan sangat berkurang.

Distribusi dan habitat

Salamander Merida adalah amfibi asli Venezuela, Amerika Selatan, dan terbatas pada pegunungan Mérida (negara bagian Mérida) di Andes Venezuela [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *