Salamander tutul, Bolitoglossa ramosi, spesies asli Kolombia

Esteban Alzate/CC BY-SA 2.5

Salamander berbintik milik keluarga Plethodontidae dan nama ilmiahnya adalah Bolitoglossa ramosi . Ini adalah amfibi kecil dengan warna mencolok dengan area distribusi yang cukup terbatas, karena merupakan spesies yang hanya ditemukan di beberapa wilayah Kolombia.

Karakteristik Salamander Berbintik

Bolitoglossa ramosi dicirikan dengan memiliki kelenjar hedonik besar (bertanggung jawab untuk produksi feromon) yang sangat terlihat di bagian belakang kepalanya, meskipun pada spesimen yang sangat kecil tidak begitu terlihat. Mereka juga dibedakan dari salamander Amerika Selatan lainnya dengan memiliki kaki dan tangan yang seluruhnya disatukan oleh selaput (selaput) dengan jari kaki ketiga jauh lebih besar dari yang lain.

Bolitoglossa ramosi adalah amfibi kecil, karena dapat berukuran 3,14 sentimeter, belum termasuk ekornya yang bisa sepanjang badan. Tubuhnya ramping dengan kaki pendek dan kuat. Matanya gelap dan menonjol, kepalanya rata dan memiliki ketebalan yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Moncongnya panjang dan terpotong dengan lubang hidung kecil. Jantan memiliki moncong yang lebih panjang daripada betina.

Warnanya yang mencolok

Salamander tutul dicirikan oleh warnanya yang intens. Kepala, batang, dan ekornya berwarna merah berkarat cerah. Ia memiliki beberapa bagian dengan bintik-bintik coklat tua, terutama di bagian moncongnya. Kepala berbintik-bintik hitam dan merah tua. Mulut memiliki tepi yang gelap. Perutnya yang halus memiliki bintik-bintik krem atau coklat dan warnanya sama dengan bagian tubuh lainnya. Ini dapat menimbulkan bintik-bintik kuning pucat tidak beraturan yang tersebar di tenggorokan, batang dan ekor. Kaki dan lengan berwarna merah muda di bagian belakang dan abu-abu tua atau hitam di bagian bawah.

Distribusi geografis dan habitat

Amfibi asli Kolombia ini memiliki distribusi geografis yang cukup terbatas. Itu dapat ditemukan di departemen Caldas, Huila, Antioquia dan Tolima [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *