Kopi

Secangkir kopi.

Kopi adalah minuman, biasanya disajikan panas, dibuat dari biji tanaman kopi yang disangrai. Benih ini hampir selalu disebut biji kopi, meskipun secara teknis bukan biji.

Kopi memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi, memiliki kemungkinan manfaat kesehatan, ditampilkan di banyak fungsi sosial, memiliki implikasi lingkungan yang penting tergantung pada bagaimana ia ditanam, dan telah menjadi yang terdepan dalam program perdagangan yang adil. Kopi menempati urutan sebagai salah satu tanaman komoditas utama dunia dan merupakan produk ekspor utama beberapa negara. Faktanya, kopi menempati urutan kedua setelah minyak bumi dalam hal produk yang diperdagangkan secara legal di seluruh dunia.

Karena sebagian besar negara penghasil dan pengekspor kopi adalah negara yang lebih miskin, dan negara pengimpor kopi adalah negara yang lebih kaya, kopi merupakan produk yang berpotensi untuk mengurangi kesenjangan pendapatan di antara negara-negara tersebut. Tentu saja, meskipun menyediakan lapangan kerja bagi orang-orang di negara-negara kurang berkembang, sebagian besar kekayaan masih berada di tangan perantara dan bukan petani setempat.

Ketika tanaman kopi ditanam dengan cara tradisional, di bawah naungan kanopi hutan dan tanpa pestisida, hanya ada sedikit kerusakan lingkungan. Namun, pengembangan varietas kopi yang membutuhkan banyak sinar matahari dan penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran sungai, penggundulan hutan, dan erosi tanah. Sementara kopi semacam itu lebih ekonomis untuk diproduksi dan memiliki hasil yang lebih besar, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan jangka panjang telah mendorong konsumen untuk mendukung penggunaan metode yang lebih tradisional.

Tanaman kopi

Coffea ( tanaman kopi ) adalah genus dari sepuluh spesies tumbuhan berbunga dalam famili Rubiaceae. Mereka adalah semak atau pohon kecil, asli Afrika subtropis dan Asia selatan. Biji tanaman ini adalah sumber kopi. Bijinya, yang disebut "biji kopi" dalam perdagangan, banyak dibudidayakan di negara-negara tropis di perkebunan baik untuk konsumsi lokal maupun ekspor ke negara-negara beriklim sedang.

Kopi Robusta

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *