Salamander buta Texas, Eurycea rathbuni

Brian Gratwicke/CC BY 2.0

Salamander buta Texas secara ilmiah dikenal sebagai Eurycea rathbuni . Ini adalah amfibi yang hidup di beberapa gua yang terletak di Texas (AS). Saat ini, populasi sebenarnya dari spesies tersebut tidak diketahui karena sulitnya akses ke habitat aslinya. Umur panjangnya di alam juga merupakan misteri, tetapi di penangkaran ada catatan spesimen hidup, berumur 10 tahun 4 bulan, pada saat sensus. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Texas blind salamander.

Asal dan penemuan Eurycea rathbuni

Awalnya diberi nama Typhlomolge rathbuni dan kemudian direklasifikasi menjadi Eurycea rathbuni . Amfibi ini pertama kali terlihat pada tahun 1896, ketika sebuah sumur dibangun di kampus sebuah universitas di barat daya Texas, di kota San Marcos. Leonhard Stejneger, seorang konservator reptil dan amfibi, adalah orang pertama yang mendeskripsikannya.

Sejak itu jumlah spesimen telah menurun drastis. Pada tahun 1938 Kenneth N. Dearolf dan Charles E. Mohr, peneliti speleologi, menemukan di dalam gua kompleks bawah tanah yang dikenal sebagai gua Ezell, spesimen terbesar yang pernah terlihat sampai saat itu. Pertemuan ini berfungsi untuk spesies yang akan dipelajari secara rinci untuk pertama kalinya.

Bagaimana fisiknya?

Salamander ini tetap dalam kegelapan, tersembunyi selama ribuan tahun. Fitur anatominya sangat aneh karena adaptasinya terhadap lingkungan yang sama sekali tidak memiliki cahaya dan air. Misalnya, mata mereka menghilang karena evolusi dan adaptasi spesies dan mereka menjadi vestigial (tidak berfungsi) seperti dua titik kecil di bawah kulit.

Sebagai imbalannya, mereka mengembangkan strategi lain untuk bertahan hidup di tempat yang tidak ramah tempat tinggal mereka, dan mereka memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksi perubahan arus air untuk merasakan keberadaan makhluk hidup yang ada di dekatnya.

Orang dewasa dapat mengukur panjang 8-14 sentimeter. Ia memiliki kaki yang kecil, kurus, dan panjang, yang telah kehilangan fungsinya. Ekor Eurycea rathbuni diratakan ke samping dengan sirip ekor kecil yang membantu daya dorong di dalam air [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *