Salamander Biseriated, Bolitoglossa biseriata

Salamander biseriated adalah spesies amfibi (Ordo Caudata) dalam keluarga Plethodontidae. Ini adalah kemungkinan kompleks spesies yang mencakup beberapa keturunan sejenis atau samar. Untuk mengenali jenis-jenis berbeda yang mungkin termasuk dalam spesies Bolitoglossa biseriata , perlu dipelajari himpunan karakter varian, pewarnaan punggung, bentuk anggota badan, serta aspek genetik.

Bolitoglossa biseriata mewakili salamander umum di negara-negara seperti Panama, meskipun jarang terlihat di Kolombia dan Ekuador. Jangkauan distribusinya luas dan populasinya banyak. Selain itu, dianggap sebagai spesies dengan toleransi yang baik terhadap gangguan lingkungan. Untuk alasan ini, salamander biseriated diklasifikasikan sebagai spesies yang paling tidak diperhatikan.

Namun, ia menghadapi beberapa ancaman seperti penggundulan hutan dan degradasi habitat akibat kegiatan pertanian dan kegiatan yang berkaitan dengan tanaman liar, serta pencemaran badan air. Salamander biseriated mendiami hutan dataran rendah yang lembab dan biasanya ditemukan di semak-semak dan spesies tumbuhan lain seperti bromeliad dan pohon pisang. Di sisi lain, ia bekerja dengan baik di hutan dengan vegetasi sekunder.

Ciri-ciri salamander biseriated

Bolitoglossa biseriata atau salamander biseriated adalah amfibi kecil dan ramping. Panjangnya berosilasi sekitar 5,3 cm. Tungkai berukuran sedang dan memiliki moncong yang dipotong. Kaki depan dan belakang berselaput. Karakter diagnostik salamander biseriated adalah jumlah gigi rahang atas, karena jumlahnya lebih banyak daripada spesies terkait lainnya. Sebaliknya, spesies lain seperti B. sima, B. chica dan B. medemi memiliki testis berwarna putih, sedangkan pewarnaan struktur tersebut di Bolitoglossa biseriata seluruhnya hitam.

Hewan-hewan ini memiliki warna dasar yang terang, dengan garis-garis kehitaman gelap di daerah lateral, mulai dari bagian belakang setiap mata dan memanjang ke pangkal tungkai belakang, berlanjut ke ekor. Garis-garis lateral ini memiliki margin atas yang jelas dan margin bawah yang menyebar. Di daerah kepala mereka menunjukkan pola coklat sampai kemerahan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *