Salamander bercincin, Ambystoma annulatum

Peter Paplanus/CC BY-2.0

Salamander bercincin adalah amfibi dari keluarga Ambystomatidae. Nama ilmiahnya adalah Ambystoma annulatum . Nama umumnya karena sejenis gambar berbentuk cincin yang menjalar di seluruh tubuhnya, ia juga dikenal sebagai salamander mol. Ini adalah spesies endemik di daerah lembab dan hutan di beberapa wilayah Amerika Utara.

Karakteristik salamander bercincin

Salamander bercincin dewasa memiliki panjang bervariasi mulai dari 140 hingga 180 mm. Tubuhnya bulat dan ramping, dengan ekor panjang, kepala kecil memanjang dengan moncong bulat. Ini memiliki 15 alur kosta. Kaki belakangnya memiliki 5 jari. Warnanya gelap di bagian belakang (coklat atau kehitaman), dengan garis-garis terang dan bintik-bintik krem u200bu200batau kuning. Perutnya bening, putih atau keabu-abuan. Terkadang memiliki garis berwarna terang di antara mata yang terkadang memanjang di bawahnya. Cincin-cincin itu menjalar ke seluruh tubuh dari ekor.

Habitat dan distribusi geografis

Paradais Sphynx/CC BY 2.0

Ambystoma annulatum endemik di pegunungan (Ozark dan Ouachita) di negara bagian Oklahoma, Arkansas dan Missouri, ada juga populasi kecil di Illinois barat. Habitatnya adalah daerah berhutan dan lembab.

Mereka biasanya ditemukan di batang busuk, di bawah daun, di gua atau lubang yang ditinggalkan oleh hewan lain, dll. Salamander bercincin hidup terutama di bawah tanah. Orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat penampungan bawah tanah dan jarang terlihat di luar ruangan.

Apa yang dimakan salamander bercincin?

Ambystoma annulatum adalah karnivora, memakan serangga, cacing tanah, siput, cacing terestrial, cacing air, moluska, dll. Kanibalisme juga telah diamati pada spesies tersebut.

Reproduksi Ambystoma annulatum

Salamander berpita menjadi dewasa secara seksual dua sampai tiga tahun setelah metamorfosis. Mereka bereproduksi selama musim gugur, antara September dan November [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *