shad, Alosa fallax, ikan kecil untuk kepentingan komersial

Saboga, Alosa fallax
Hans Hillewaert

Shad adalah ikan berukuran sedang dari keluarga taksonomi Cupleidae, berkerabat dekat dengan sarden (saya sarankan file tentang ikan ini), herring, shad, di antara taksa lainnya.

Ini endemik ke Eropa dan memiliki kebiasaan migrasi anadromous. Status konservasinya di Spanyol tergolong rentan karena pembangunan bendungan dan struktur hidrolik di saluran hidrologi, penangkapan ikan juga tampaknya berdampak negatif pada spesies tersebut. Ditambahkan di atas, polusi air dari pembuangan industri semakin memperumit prospek keteduhan.

Alosa fallax menikmati kepentingan komersial sebagai spesies konsumsi untuk dagingnya yang berharga, akibatnya penangkapannya diatur dari sudut pandang legislatif. Di tingkat internasional juga termasuk dalam Lampiran III Konvensi Berne.

karakter fisik

Alosa fallax adalah ikan berukuran sedang, dengan ukuran rata-rata panjang total 400 mm, mencapai maksimum 550 mm. Mereka memanjang dan secara lateral sangat padat, memberikan penampilan yang datar. Pewarnaannya perak berkilauan seperti lembaran logam, dengan punggung yang sedikit lebih gelap dalam naungan antara hijau dan biru.

Salah satu ciri yang membedakannya adalah garis 7 tanda seperti titik hitam kecil yang membentang dari operkulum insang, berbatasan antara punggung dan samping hingga mencapai tengah tubuhnya, tepat di bawah sinar terakhir pangkal sirip punggung. Sirip dada dan sirip perut berwarna zaitun. Ia memiliki sisik yang cukup besar dan agak memanjang.

daerah distribusi

Lokasi saboga

Ini adalah ikan asli hampir di seluruh Eropa, dengan keberadaan di sepanjang pantai dari Laut Hitam hingga pantai Laut Baltik, termasuk Inggris Raya, Irlandia, dan beberapa pulau di Laut Utara.

habitat teduh

Bayangan hidup di ekosistem pantai, khususnya di muara, tetapi sebagai bagian dari siklus reproduksinya, ia memiliki kebiasaan bermigrasi, melakukan perjalanan ke hulu menuju sungai setidaknya setahun sekali [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *