Rosella Merah, Platycercus elegans (Platycercus flaveolus)

Platycercus elegans,
patrickkavanagh rosella merah/CC BY 2.0

Ciri-ciri burung ini

Pertama-tama, perlu untuk menyoroti keberadaan dua rosella yang sebelumnya dianggap sebagai spesies yang berbeda: Platycercus elegans (rosella merah) dan platycercus flaveolus (rosella kuning), yang terakhir telah diklasifikasikan sebagai subspesies dari Platycercus elegans dan akibatnya , disebut : Platycercus elegans flaveolus.

Panjangnya biasanya mencapai sekitar 33 hingga 36 cm. Disarankan, oleh beberapa penulis, bahwa betina lebih kecil dari jantan, juga paruh dan kepalanya memiliki proporsi yang lebih kecil.

Rosella merah menonjol karena warnanya yang merah pekat di sebagian besar tubuhnya, dengan rona biru di tenggorokan, sayapnya juga memiliki rona biru dan hitam, begitu pula dengan ekornya, area punggung menghadirkan bintik-bintik gelap seperti sisik. Dalam subspesies Platycercus elegans flaveolus warna kuning mendominasi, oleh karena itu nama umumnya.

Mutasi platycercus elegans :

Ada beberapa mutasi, yang paling diapresiasi adalah mutasi biru (disebut rosella Pennant, merah diganti putih), mutasi lainnya kuning dan kayu manis.

Nama yang umum

Platycercus elegans dikenal sebagai red rosella, elegant parkit, rosella parrot, crimson rosella, dalam bahasa Inggris Crimson Rosella. Subspesies Platycercus elegans flaveolus dalam bahasa sehari-hari disebut rosella kuning.

Habitat dan kebiasaan

Di alam liar rosella merah hidup berkelompok kecil atau juga berpasangan, habitatnya bervariasi, dapat hidup di daerah rendah atau di pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1500 m, lebih menyukai daerah pantai dan daerah pegunungan berhutan.

Memberi makan rosella merah

Makanan mereka bervariasi karena mereka mengonsumsi biji-bijian, herba segar, beri, buah-buahan, dan bahkan invertebrata kecil.

Reproduksi

Reproduksi di lingkungan alaminya dimulai pada bulan Agustus atau September, sarang dibuat di rongga pohon dengan preferensi pohon kayu putih. Informasi lebih lanjut tentang reproduksinya sudah ditunjukkan di bagian "reproduksi penangkaran" [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *