Rosella Warna-warni: Platycercus eximius

Rosella warna-warni, platycercus eximius
ghatamos/CC BY 2.0

Ciri-ciri burung ini

Rosella beraneka warna , Platycercus eximius , memiliki ukuran mulai dari 29 hingga 33 cm. Mereka adalah burung yang cukup sulit untuk ditentukan jenis kelaminnya, namun beberapa penulis menganggap bahwa betina memiliki bulu yang kurang intens, paruhnya sedikit lebih kecil dan bulu yang mengelilingi mata lebih ringan daripada spesimen jantan, ini pada gilirannya lebih berat daripada betina. .

Warna merah pekat di kepala dan dada menonjol, mereka memiliki bib putih di tenggorokan, area perut berwarna hijau dan kekuningan. Punggung berwarna hijau kekuningan dengan corak hitam. Ciri khasnya adalah bagian sayap dan ekornya memiliki warna kebiruan pekat yang membuatnya lebih menarik. Paruhnya berwarna terang, meski lebih gelap di bagian dasarnya.

Mutasinya bervariasi dan sangat mencolok, seperti halnya mutasi lutino, pastel, kayu manis, atau sayap putih.

Nama yang umum

Ini umumnya dikenal sebagai parkit oriental, rosella warna-warni, parkit warna-warni, rosella biasa, dalam Rosella Timur Inggris.

Habitat alami

Multicolor Rosella sering mengunjungi area berhutan, juga area terbuka, padang rumput berhutan, area yang lebih gersang di mana terdapat semak belukar. Juga umum untuk melihatnya di daerah perkotaan.

Makanan

Di alam liar, sumber makanan utama rosella warna-warni adalah bijinya, mereka juga mengkonsumsi sebagian besar buah-buahan.

Reproduksi di alam liar

Mereka lebih menyukai rongga pohon, tahap reproduksi rosella warna-warni dimulai pada musim semi, pejantan merayu betina dengan memperlihatkan ekornya yang berbentuk kipas dan membuat vokalisasi khas tertentu. Lihat reproduksi di penangkaran untuk mengetahui lebih banyak data tentang reproduksi rosella warna-warni.

Perawatan tawanan rosella warna-warni

Ini adalah burung yang termasuk dalam CITES dalam lampiran II.

Makanan

Makanan mereka bervariasi, makanan mereka harus mencakup biji-bijian untuk parkit besar, sayuran segar, blok mineral, kerikil juga penting tersedia untuk mencerna biji dengan lebih baik [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *