Mendengkur kucing

kucing peliharaan

Mendengkur pada kucing adalah suara yang sangat khas yang dipancarkan tidak hanya oleh kucing rumahan, tetapi juga oleh kucing liar kecil bahkan harimau, singa, atau macan tutul.

Suara aneh ini dianggap sebagai elemen komunikasinya, yang dapat mengungkapkan arti yang berbeda seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Bagaimana itu diproduksi?

Tidak diketahui pasti bagaimana kucing mengeluarkan suara ini, meskipun para ahli menyarankan tiga teori yang mungkin membenarkannya:

  • Teori pertama menganggap bahwa dengkuran dihasilkan oleh lipatan vestibular, saat kucing bernapas masuk dan keluar.
  • Teori kedua mengandaikan bahwa melalui kontraksi otot-otot laring tertentu, kucing dapat mengembangkan suara khas ini.
  • Terakhir, ada penulis yang menyatakan bahwa suara dihasilkan berkat vena cava posterior, otot berkontraksi aliran darah dan dengan cara ini dapat mendengkur.

Mengapa kucing mendengkur? Apa yang dimaksud dengan dengkuran?

Pada awalnya, mendengkur dikaitkan dengan perilaku kucing yang menyenangkan, seperti belaian tuannya, berada di tempat yang nyaman, saat ingin diberi makan, dll. Meskipun penelitian lain menunjukkan bahwa kucing juga dapat mendengkur untuk mengungkapkan perasaan lain, seperti keadaan saraf, stres, atau rasa sakit tertentu.

Setiap kucing memiliki cara khusus untuk mendengkur, beberapa dengan intonasi yang lebih banyak dari yang lain, bahkan pada beberapa hewan hal itu hampir tidak diperhatikan, sampai-sampai dapat terlihat sangat samar.

Kapan itu terjadi?

Anak kucing yang baru lahir mulai mendengkur sejak hari-hari pertama kehidupannya, induknya juga sering melakukannya saat menyusui, menganggapnya sebagai cara yang efektif sejauh membimbing anak-anaknya untuk lebih dekat dengan induknya, dengan cara ini mereka dapat dikumpulkan di tempat tidur mereka dengan lebih sedikit kesulitan, di sisi lain itu adalah elemen yang mengkomunikasikan kedamaian dan ketenangan di tandu.

Pada orang dewasa, fenomena ini juga hadir dalam komunikasi mereka, baik selama musim reproduksi, dalam rutinitas sehari-hari kucing yang hidup dalam komunitas, bahkan antar jantan, bahkan dalam banyak kesempatan merupakan sarana komunikasi yang sangat positif [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *