Ritme sirkadian: jam biologis pada hewan

Irama sirkadian: jam biologis pada hewan

Karakteristik ritme sirkadian

' Periodenya kira-kira 25 jam.

- Dihasilkan oleh alat pacu jantung endogen.

' Geodependen.

' bawaan.

- Periode tetap konstan pada rentang suhu yang luas.

' Perubahan sinyal eksternal dapat mengubah osilasi.

Organisasi fungsional sistem sirkadian

Desainnya identik pada semua hewan dan mengandung 3 elemen dasar:

' Jam biologis.

' Jalan masuk ke jam.

' Serangkaian jalur eferen yang meninggalkan jam dan pergi ke struktur lain dari sistem saraf untuk memaksakan siklus.

Ritme sirkadian memungkinkan pengorganisasian proses fisiologis dan perilaku dalam jadwal sirkadian.

Lokasi ritme sirkadian

Mereka terletak di struktur yang sangat jelas di dalam organisme dan bervariasi sesuai dengan hewan: pada moluska sangat umum ditemukan di retina; pada arthropoda di globula optik; pada burung, ikan, dan reptilia terletak di kelenjar pineal; pada mamalia, dalam struktur otak yang terlokalisasi dengan baik, inti suprakiasmatik.

Ketika mata hewan dihilangkan, ia benar-benar kehilangan iramanya, namun telah ditunjukkan bahwa beberapa mutan yang dibuat di laboratorium tanpa fotoreseptor memang memiliki jam, sehingga dapat disimpulkan bahwa bukan fotoreseptor visual yang bertanggung jawab atas hal ini. .fungsi, tetapi beberapa struktur lainnya. Pada hewan tertentu, neuron tertentu yang terletak di sel darah optik (bukan fotoreseptor visual) adalah yang bertanggung jawab untuk menangkap informasi ini; pada hewan lain, bagaimanapun, diamati bahwa neuron adalah reseptor dan bukan fotoreseptor; selain itu, melatonin (molekul yang terutama terkait dengan ritme) diidentifikasi di mata dan sel darah optik hewan ini.

Pada vertebrata, jam biasanya adalah kelenjar pineal, meskipun vertebrata tertentu yang lebih primitif masih ada di mata. Pada kelompok tertentu, sekelompok neuron hipotalamus dengan fungsi khusus yang mungkin merupakan prekursor nukleus suprakiasmatik mulai diamati. Pada burung, misalnya, jam ini dapat ditemukan baik di kelenjar pineal maupun di prekursor inti ini.

Mamalia dan ritme sirkadian