Badak, keluarga badak

Dari sudut pandang evolusi, badak terkait dengan salah satu mamalia prasejarah terbesar yang punah yang ada di Bumi, Paraceratherium , juga dikenal dengan sinonimnya: Indricotherium atau Baluchitherium . Kata badak berasal dari bahasa Yunani “rinós” (hidung) dan “keros” (tanduk), artinya hidung bertanduk atau hidung bertanduk. Badak adalah nama umum hewan yang tergabung dalam kelompok badak. Dalam bahasa Inggris mereka dikenal dengan nama rhino atau badak.

Fitur dan deskripsi

Badak adalah mamalia berplasenta yang termasuk dalam ordo atau kelompok perissodactyls, yang kelompoknya antara lain famili Rhinocerotidae (badak). Saat ini ada lima spesies hidup, dua di antaranya berasal dari Afrika dan tiga dari Asia selatan. Keluarga mereka terdiri dari empat genera: Ceratotherium (badak putih), Dicerorhinus (badak Sumatra), Diceros (badak hitam) dan Rhinoceros (badak India dan Jawa).

Badak menghadirkan fisiognomi yang sangat langka, benar-benar dapat dibedakan dari perissodactyl lain yang dianggap sebagai spesimen yang anggun dan cantik, seperti halnya kuda atau zebra itu sendiri.

Badak adalah mamalia yang kuat dan bertubuh berat dengan bentang sayap yang besar. Kulit mereka tebal, telanjang atau hampir telanjang. Di kepala tanduknya yang aneh menonjol, tergantung pada spesies yang dapat mereka hadirkan satu atau dua, dalam kasus terakhir yang anterior lebih panjang dari yang posterior; tanduk tidak membentuk struktur bertulang, tetapi bersifat dermal, seperti halnya rambut atau kuku pada hewan lain. Ekstremitasnya pendek, meski kuat dan memiliki tiga jari fungsional, ekornya pendek dan diakhiri dengan seberkas rambut yang keras. Laki-laki tidak memiliki skrotum sehingga testisnya tetap berada di dalam.

Kiprah mereka cepat dan mereka cukup cepat saat berlari, mampu melebihi 40 km / jam Mereka mempertahankan diri dari pemangsa berkat kejutan kuat yang dapat mereka berikan, meninggalkan musuh mereka dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Organ indera yang paling berkembang adalah sentuhan dan pendengaran, penglihatan, tidak seperti mamalia lain, tidak terlalu berkembang [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *