Rhinoclemmys pulcherrima, kura-kura naga

Rhinoclemmys pulcherrima, penyu naga
Oleh Tornadohalt/CC BY-SA 3.0

Fitur dan deskripsi

Kura-kura naga, Rhinoclemmys pulcherrima , adalah spesies reptil dari famili Geoemydidae. Empat subspesies saat ini diakui dalam kelompok ini.

Kura-kura naga memiliki karapas coklat memanjang dan jambul di tengahnya. Jantan mencapai panjang karapas hingga 18 cm dan memiliki plastron cekung dengan ekor yang panjang dan tebal. Betina pada bagiannya lebih besar, dengan panjang karapas hingga 20 cm dan plastron datar, ekor lebih pendek dari pada jantan. Pada kedua jenis kelamin, kepala berkurang dan bagian bawah tubuh yang terlihat memiliki warna keabu-abuan atau kehijauan.

Pewarnaan kulit menunjukkan garis-garis merah tipis di wajah, juga ekstensi merah dan hitam di ekstremitas, ekor, dan bagian bawah cangkangnya. Plastron bertepi kuning dengan pewarnaan kemerahan di tepinya.

Makanan

Spesies penyu naga adalah omnivora. Ia dapat memakan bunga, rerumputan, buah-buahan, invertebrata seperti serangga dan cacing, juga jika masuk ke dalam air mereka adalah konsumen ikan. Meskipun mereka tetap terendam dalam air selama beberapa waktu, mereka lebih suka makan di darat.

reproduksi penyu naga

Sehubungan dengan reproduksinya, perlu dicatat bahwa kura-kura naga dapat bertelur beberapa kali yang terdiri dari 3 hingga 5 telur selama bulan Mei hingga Desember. Telur-telur ini diletakkan di tanah atau di puing-puing. Remaja cukup kecil, berukuran antara 35 sampai 55 mm. Jenis kelamin tukik akan tergantung pada suhu di mana mereka diinkubasi.

Distribusi geografis dan habitat

Spesies reptil ini terestrial dan sebagian besar mendiami semak belukar, hutan lembab, dan hutan galeri yang membentang di sepanjang sumber air. Mereka dapat ditemukan sangat jauh dari badan air dan mentolerir kondisi kekeringan yang tinggi. Spesimen yang dimasukkan ke aliran air juga telah terlihat.

Keempat subspesies kura-kura naga tersebar mulai dari negara bagian Sonora hingga Kosta Rika di Amerika Tengah [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *