Chameleon

 

Bunglon

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:

Animalia

Divisi:

Chordata

Kelas:

Reptilia

Memesan:

Squamata

Subordo:

Iguania

Keluarga:

Chamaeleonidae

Genera

Bradypodion
Calumma
Chamaeleo
Furcifer
Kinyongia
Nadzikambia
Brookesia
Rieppeleon
Rhampholeon

Bunglon adalah salah satu kadal Dunia Baru tropis yang terdiri dari famili Chamaeleonidae , yang dikenal terutama karena kemampuannya mengubah warna tubuh. Bunglon dicirikan oleh lidah yang sangat panjang, mata menonjol yang dapat berputar dan fokus secara terpisah, kelopak mata atas dan bawah menyatu (dengan lubang jarum untuk melihat), tidak memiliki telinga luar atau tengah (tidak seperti kebanyakan kadal, tetapi seperti ular), dan dengan lima jari pada masing-masing kaki menyatu menjadi kelompok dua dan tiga yang berlawanan.

Squamates berukuran kecil hingga sedang, yang terutama hidup di pohon, bunglon ditemukan terutama di Afrika sub-Sahara dan Madagaskar, meskipun beberapa spesies ada di Eropa selatan, Asia Selatan, dan Australia, dengan populasi liar di tempat lain. Bunglon biasa, Chamaeleo chamaeleon , tinggal di daerah Mediterania.

Bunglon menambah keajaiban alam manusia, mengingat kemampuannya untuk mengubah warna. Namun, mekanisme dan alasan bunglon berubah warna sering disalahpahami. Meskipun secara populer diyakini bahwa mereka berubah berdasarkan latar belakang di sekitarnya, hal ini telah diabaikan secara ilmiah; alih-alih, perubahan warna terkait dengan faktor lingkungan lain (intensitas cahaya eksternal), faktor fisiologis (apakah terlalu hangat atau dingin, penyakit, graviditas), dan kondisi emosional (stres (obat), ketakutan, ketidakpuasan, kehadiran hewan lain) ( Anderson 2004) [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *