Ulasan singkat tentang gajah Afrika (Loxodonta africana) dan Asia (Elephas maximus)

Ulasan gajah Afrika dan Asia
Leon Do Cabeiro/CC BY 2.0

Loxodonta africana (gajah Afrika)

Gajah afrika (Loxodonta africana) adalah mamalia berumur panjang dengan masa ketidakdewasaan seksual yang relatif lama dan tingkat reproduksi yang rendah. Terdapat beberapa permasalahan dalam kajian dinamika populasi spesies ini, terutama pola demografis. Dalam konteks ini, populasi di Kenya yang dipelajari dari tahun 1972-2001, menunjukkan peningkatan populasi dari tahun 1979, kelahiran terjadi sepanjang tahun tetapi lebih dari 80% antara bulan November dan Mei, rasio jenis kelamin (1:1) tanpa perbedaan yang signifikan. , umur kelahiran pertama adalah 14 tahun dan jarak antar kelahiran adalah 4,5 tahun. Kematian dan kelangsungan hidup pedet bervariasi tergantung pada umur betina (Moss., 2001). Perburuan dan hilangnya habitat adalah dua faktor yang paling bertanggung jawab atas penurunan populasi Afrika, dan keduanya berdampak pada pertumbuhan populasi manusia di seluruh Afrika, sehingga menyoroti komponen sosial dari masalah ini.

Armbruster & Lande (1993), dalam studi mereka tentang kelangsungan hidup populasi gajah Afrika, menanyakan seberapa besar cadangan yang seharusnya untuk mendukung populasi yang layak dalam hal reproduksi dan kelangsungan hidup spesies tersebut. Penulis menyoroti bahwa tingkat pertumbuhan tahunan maksimum adalah 3% dan kepadatan kesetimbangan adalah 3 gajah/mil 2 , pada gilirannya hasil menunjukkan bahwa ukuran minimal 1000 mil 2 diperlukan di daerah semi-kering untuk mendapatkan probabilitas tinggi persistensi populasi dari waktu ke waktu.

Putih dkk . (1993), untuk bagian mereka, menganalisis komposisi kelompok dan pola makan gajah hutan di cagar di Gabon, umumnya menemukan jantan dan betina dewasa soliter disertai dengan satu atau lebih anak gajah, mereka juga melaporkan ukuran rata-rata kelompok 2 -8 individu, ukuran kelompok ini lebih kecil dari gajah sabana Afrika Timur dan gajah Asia, yang menghuni hutan hujan Malaysia. Makanan gajah Gabon ini beragam dengan minimal 307 jenis makanan, dimana 70% jumlah dan jumlah spesies yang dikonsumsi terdiri dari daun dan kulit kayu [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *