Respirasi sel, apa itu dan di mana itu terjadi, jenis dan fase. Ringkasan atau garis besar

Berbagai proses metabolisme yang terjadi pada tingkat sel sangat penting bagi makhluk hidup, dan respirasi sel adalah proses dasar untuk mendapatkan energi. Ketika berbicara tentang respirasi, istilah tersebut biasanya dikaitkan dengan proses fisiologis pertukaran gas, tetapi yang terjadi pada tingkat sel adalah proses biokimia yang lebih kompleks dan dilakukan pada organisme eukariotik dan prokariotik, dengan ada atau tidak adanya oksigen.

Pada artikel ini kita akan mempelajari definisi respirasi sel, fase-fase yang dipenuhi selama proses, serta jenis dan di kompartemen atau organel mana itu dilakukan.

Apa itu respirasi seluler?

Respirasi seluler didefinisikan sebagai proses metabolisme, di mana molekul organik yang berasal dari pencernaan makanan, glukosa, atau dengan pembuatan gula melalui proses fotosintesis, terdegradasi melalui proses oksidasi, menghasilkan pelepasan karbon dioksida dan molekul air ditambah penciptaan molekul energi yang disebut ATP.

Di mana respirasi seluler terjadi dan siapa yang melakukannya?

Itu terjadi di semua sel yang membentuk makhluk hidup, proses metabolisme ini dilakukan oleh makhluk eukariotik dari konformasi uniseluler atau multiseluler, serta organisme prokariotik uniseluler.

Di dalam sel, respirasi terjadi baik di tingkat sitoplasma maupun di organel khusus yang disebut mitokondria.Proses ini akan bergantung pada tahapnya dan jenis respirasi yang mampu dilakukan organisme.

jenis respirasi seluler

Baik sel eukariotik maupun prokariotik, dalam mencari pengoptimalan produksi energi untuk mempertahankan fungsi semua proses fisiologisnya, dapat melakukan respirasi sel dengan dua cara, beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka tinggal. Dua rute atau jenisnya adalah: respirasi seluler aerobik dan respirasi seluler anaerobik.

respirasi anaerob

Dapat disimpulkan bahwa itu adalah jenis respirasi pertama yang berevolusi, karena karakteristik utamanya adalah tidak adanya oksigen selama prosesnya dan tipikal organisme prokariotik (bakteri dan organisme dari kelompok archaeal) [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *