Monotreme

Monotreme

Kisaran fosil: Kapur Awal - Baru-baru ini


Echidna berparuh pendek

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:

Animalia

Divisi:

Chordata

Kelas:

Mamalia

Subkelas:

Prototheria

Memesan:

Monotremata
CL Bonaparte, 1837

Keluarga

†Kollikodontidae
Ornithorhynchidae Tachyglossidae †Steropodontidae

Monotremata adalah mamalia bertelur dari ordo Monotremata , satu-satunya ordo di Subkelas Monotremata (atau Prototheria). Monotremes merupakan salah satu dari tiga subdivisi utama mamalia. Dua kelompok lainnya, marsupialia (Marsupialia atau Metatheria) dan plasental (Placentalia atau Eutheria) melahirkan anak muda.

Hanya ada lima spesies monotremata (yang masih hidup), platipus ( Ornithorhynchus anatinus ) dan empat spesies echidna. Platipus adalah mamalia semi-akuatik berparuh bebek yang endemik di Australia bagian timur dan Tasmania —ini adalah salah satu dari sedikit mamalia berbisa. Ekidna, kadang-kadang disebut sebagai "trenggiling berduri", berasal dari New Guinea dan Australia. Mencerminkan keragaman alam, begitu uniknya penampakan platipus sehingga laporan awal ditanggapi dengan skeptis bahwa hewan seperti itu benar-benar ada.

Perbedaan fisiologis utama antara monotremata dan mamalia lain adalah yang memberi mereka nama. Monotreme ( monos , single + trema , lubang) berarti "pembukaan tunggal" dalam bahasa Yunani, dan berasal dari fakta bahwa sistem kemih, buang air besar, dan reproduksi mereka semuanya terbuka ke dalam satu saluran, kloaka. Mamalia betina lainnya memiliki bukaan terpisah untuk reproduksi, buang air kecil, dan buang air besar.

Monotremes ditempatkan dalam dua keluarga — dengan platipus milik Ornithorhynchidae dan echidna dalam keluarga Tachyglossidae.

Monotreme bayi dikenal sebagai puggle [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *