Reptil terancam punah, ketahui penyebab atau ancamannya

Reptil yang terancam punah
US Fish and Wildlife Service/CC BY 2.0

Pengantar reptil yang terancam punah

Reptil adalah kelompok luas dalam kelompok hewan chordate dan termasuk buaya, kadal, tuatara, ular, penyu air tawar dan penyu, secara umum saat ini terdapat 10.233 spesies hidup, dimana sekitar 19% di antaranya terancam punah di seluruh dunia, menurut laporan yang dibuat oleh ZSL (Zoological Society of London) dan IUCN (International Union for Conservation of Nature). Untuk menyebut suatu spesies terancam, ia harus dimasukkan dalam salah satu kategori klasifikasi berikut: "rentan" (VU), "Terancam Punah" (EN) atau "Terancam Punah" (CR). Ada tempat-tempat di planet ini yang lebih terpengaruh daripada yang lain, seperti Australia, di mana daftar merah IUCN baru-baru ini melaporkan 975 spesies reptil dalam bahaya kepunahan , angka yang benar-benar mengkhawatirkan yang memengaruhi keanekaragaman hayati ruang geografis itu.

Ancaman utama reptil

Penyebab semua spesies reptil ini terancam punah di planet ini beragam, dan sebagian besar melibatkan manusia sebagai penyebab utamanya. Ancaman yang ditimbulkan oleh reptil yang terancam punah dan membahayakan kelangsungan hidup mereka dijelaskan secara singkat dan adalah sebagai berikut:

Kontaminasi

Reptil, seperti semua hewan di planet ini, dipengaruhi oleh polusi yang disebabkan oleh manusia dalam pekerjaan industri, pertanian, dan peternakan. Spesies laut dapat sangat terpengaruh oleh pencemaran air, telah dilaporkan bahwa spesimen dapat secara tidak sengaja mengkonsumsi limbah, tenggelam di atasnya dan juga terluka, sehingga penurunannya adalah contoh nyata dari reptil yang terancam punah.

Pertanian dan akuakultur

Perluasan kegiatan antropogenik seperti pertanian dan akuakultur menghasilkan perubahan beberapa habitat alami spesies reptil dan organisme lain yang mendukungnya, mengurangi tempat yang cocok untuk berkembang dan sumber makanan.

Deforestasi dan pertambangan

Penebangan, pembakaran vegetasi dan pertambangan menyebabkan gangguan terhadap rumah hewan-hewan ini, karena tempat bersarang dihancurkan dan komposisi floristik habitatnya diubah, sehingga keberadaan reptilia yang terancam punah sangat dijaga [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *