Reptil Meksiko, fauna dengan keanekaragaman spesies

Maximilian Paradiz/CC BY 2.0

Reptil adalah sekelompok hewan megadiversitas, yang telah menunjukkan radiasi dan diversifikasi yang signifikan dari waktu ke waktu di wilayah tropis planet ini, terutama di Neotropik. Reptil Meksiko menempatkan negara itu sebagai spesies paling beragam kedua sehubungan dengan kelompok hewan ini.

Saat ini, sekitar 10.000 spesies reptil telah dideskripsikan di seluruh dunia, dimana sekitar 864 spesies termasuk reptil Meksiko, sementara Australia mempertahankan tempat pertama dalam keanekaragaman reptil, dengan sekitar 1.000 spesies. . Kelompok reptilia yang diakui saat ini adalah Testudines (kura-kura), Crocodylia (buaya), Squamata (kadal dan ular) dan Sphenodontia (tuatara atau sphenodont).

Beberapa karakteristik reptil mendukung kelimpahan dan keanekaragamannya di daerah neotropis, seperti fakta bahwa mereka adalah hewan ektotermik, yang suhu tubuhnya sangat bergantung pada kondisi lingkungan. Di sisi lain, hewan ini dicirikan dengan kurangnya kelenjar di kulitnya, sehingga memiliki tampilan dan tekstur yang kering pada sisiknya. Meskipun beberapa reptil memiliki kebiasaan akuatik, semuanya memiliki respirasi paru, serta reproduksi dengan fertilisasi internal, dan ada spesies ovipar dan vivipar.

Reptil dari Meksiko mewakili 9% dari total spesies yang dideskripsikan di seluruh dunia. Tiga dari empat kelompok yang diakui ada di negara itu, dengan sekitar 48 spesies kura-kura, 3 spesies buaya, lebih dari 400 spesies kadal, dan sekitar 400 spesies ular.

Reptil Meksiko dalam bahaya kepunahan

Reptil Meksiko, seperti spesies lain yang tersebar di planet ini, memiliki peran ekologis yang mendasar, karena mereka adalah bagian dari berbagai rantai trofik sebagai predator penting. Di sisi lain, banyak spesies juga merupakan bagian dari makanan hewan lain seperti burung dan mamalia. Selain itu, banyak spesies reptil bertindak sebagai pengendali hama berbahaya bagi aktivitas manusia, misalnya berbagai spesies hewan pengerat.

Terlepas dari pentingnya, saat ini diperkirakan bahwa hampir 15% spesies reptil di Meksiko berada dalam beberapa kategori ancaman, terutama karena aktivitas antropik yang telah menyebabkan hilangnya habitat secara signifikan, selain perburuan dan aktivitas ilegal lalu lintas dan perdagangan hewan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *