Reproduksi moluska

Moluska adalah kelompok hewan paling beragam kedua di planet ini setelah arthropoda. Keanekaragaman mereka sedemikian rupa sehingga parameter ini tercermin dalam aspek-aspek seperti makan, habitat yang mereka tempati, dan juga reproduksi moluska .

Reproduksi moluska telah dievaluasi dengan relatif baik dan hari ini kita mengetahui pola umum reproduksi hewan-hewan ini. Sebagian besar spesies moluska yang dikenal adalah dioecious, menunjukkan bahwa jenis kelamin dipisahkan menjadi individu yang berbeda (jantan dan betina). Meskipun demikian, karena keanekaragaman spesies yang ada, keberadaan spesies hermafrodit adalah hal yang biasa.

Reproduksi moluska bersifat seksual. Secara umum, setelah pembuahan telur (baik internal maupun eksternal), telur menetas menjadi karakteristik larva dari kelompok moluska primitif yang dikenal sebagai larva trochophore, sangat mirip dengan larva leluhur annelida dan memiliki karakteristik planktotrofik.

Larva trochophore dapat mengalami metamorfosis sempurna menjadi bentuk remaja, yang dianggap sebagai ciri leluhur, atau melewati tahap larva berenang lain yang dikenal sebagai larva veliger, ciri yang lebih turunan dalam perkembangan moluska. Larva veliferous berisi garis besar divisi tubuh dasar moluska (kaki, cangkang, dan mantel). Selain itu, beberapa kelompok yang lebih berevolusi tidak memiliki fase larva dan menunjukkan perkembangan langsung.

Dalam reproduksi moluska, struktur reproduksi bervariasi sesuai dengan kompleksitas kelompoknya, selain itu, cara terjadinya perkembangan embrionik juga bervariasi. Untuk alasan ini, reproduksi moluska dari masing-masing kelompok dibahas secara terpisah.

caudofovate

Caudofovate mencakup sekitar 70 spesies di seluruh dunia. Semuanya dioecious dan bereproduksi secara seksual. Mereka memiliki sepasang kantung gonad dorsal dengan gonoducts yang melekat satu sama lain. Gamet dilepaskan melalui kelenjar ginjal yang tidak dimodifikasi dengan cara ini dan tampaknya tidak memiliki fungsi kelenjar lain. Telur menetas menjadi larva jenis trochophore.

kelas solenogastro

Reproduksi moluska solenogastro, tidak seperti yang caudofovate, adalah spesies berumah satu, sehingga kedua jenis kelamin ditemukan pada individu yang sama [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *