Reproduksi mamalia

Reproduksi Mamalia

Mamalia adalah kelompok hewan yang beragam, tetapi dalam hal reproduksi mereka bertepatan dalam banyak aspek. Pertama, reproduksi mamalia selalu seksual. Tidak seperti kebanyakan invertebrata, keturunan mamalia selalu berbeda secara genetik dari induknya.

Fertilisasi pada mamalia selalu internal , mungkin sebagai konsekuensi dari sebagian besar kehidupan terestrial yang mereka miliki. Selalu ada anggota yang khusus memasukkan gamet jantan ke dalam tubuh betina. Anggota ini biasanya dikenal sebagai penis.

Fakta umum dalam reproduksi mamalia adalah bahwa sebagian besar mamalia bersifat vivipar, ini berarti bahwa setelah pembuahan, embrio ditanamkan di dalam rahim ibu dalam struktur khusus dan berkembang hingga lahir. Nyatanya, karakteristik ini praktis eksklusif untuk mamalia. Hanya ada lima spesies yang tidak memenuhi fakta ini dan semuanya termasuk dalam kelompok monotremata. Monotremata termasuk hewan seperti platipus dan ini bersifat ovipar, yaitu embrio berkembang dalam telur yang disimpan di lingkungan luar.

Jenis mamalia vivipar: plasenta dan marsupial

Dalam reproduksi mamalia juga terdapat beberapa perbedaan dalam perkembangan yang dialami embrio setelah dibuahi dan oleh karena itu dikenal dua jenis vivipar: plasenta dan marsupial. Di plasenta, yang paling melimpah, embrio berkembang untuk jangka waktu yang lama di dalam rahim ibu dan makan berkat makanan yang masuk melalui plasenta. Dalam kasus marsupial, perkembangan rahim pendek dan mereka menyelesaikan perkembangannya dalam struktur yang dikenal sebagai kantong marsupial tempat kelenjar susu ibu berada. Beberapa contoh marsupial adalah kanguru atau koala.

Ciri-ciri khusus dalam reproduksi mamalia

Yang juga umum terjadi pada semua mamalia adalah ketergantungan yang dimiliki bayi yang baru lahir pada induknya masing-masing. Makanan pertama yang diterima mamalia muda selalu susu ibu, yang mereka peroleh melalui payudara. Karena itulah nama kelasnya. Susu ini kaya akan lemak, karbohidrat, mineral, dan protein yang dibutuhkan bayi baru lahir untuk tumbuh pada tahap pertama kehidupannya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *