Tench, Tinca tinca, ciri-ciri, pakan dan habitat

Tench, Tinca tinca
Bernard DUPONT/CC BY-SA 2.0

Nama yang umum

Tinca tinca dikenal dengan nama tench dalam bahasa spanyol, di negara lain disebut tinca, dalam bahasa inggris tench.

Fitur dan deskripsi

Ikan Tinca tinca memiliki panjang rata-rata sekitar 20 cm, meskipun spesies yang lebih besar telah dideskripsikan, khususnya hingga 70 cm dan berat maksimum 7,5 kg.Tubuhnya cukup tebal, meskipun sedikit dikompresi ke samping, pendulum ekornya. cukup tinggi. Sisiknya berbentuk sikloid, kecil dan dengan gurat sisi yang terdefinisi dengan baik. Ini juga memiliki mulut terminal kecil dengan kehadiran dua barbel. Mata oranye adalah ciri khas spesies ini, sebaliknya tubuhnya berwarna hijau zaitun, keemasan di zona perut. Sirip punggung ditinggikan dan diposisikan lebih ke arah belakang.

Habitat dan adat istiadat. Perilaku

Tench adalah ikan air tawar, meski juga memiliki kemampuan bertahan di air dengan salinitas dan konsentrasi oksigen rendah. Ia mendiami kolam, sungai, kolam, dan perairan dengan arus kecil, terkadang mengalir deras, bergerak dalam rentang kedalaman yang dangkal, dengan substrat lunak dan vegetasi yang melimpah. Ini menunjukkan kebiasaan demersal dan dapat bermigrasi ke perairan lain yang dekat dengan tempat yang sering dikunjunginya. Tench lebih menyukai perairan sedang dan perilakunya cukup damai. Mereka dapat hidup di ketinggian hingga 1600 m.

reproduksi tench

Mencapai kematangan seksual pada usia 3 sampai 4 tahun, yaitu ketika mereka memiliki panjang lebih dari 12 cm Telur disimpan di antara vegetasi air Beberapa laki-laki dapat membuahi telur betina, karena mengeluarkannya secara terhuyung-huyung. tata krama. Penetasan telur tench terjadi selama 3 hingga 4 hari. Larva menempel pada tumbuhan berkat adanya organ penahan hingga mereka memperoleh kemampuan untuk berenang.

Makanan

Sumber makanannya adalah detritus, tumbuhan, hewan bentik, bahkan konsumsi moluska telah didokumentasikan.

Distribusi geografis. Konservasi

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *