Suhu tubuh ikan

© Paradais Sphynx

Sebagian besar ikan termasuk dalam kelompok yang disebut poikiloterm atau ektoterm dan juga dikenal sebagai hewan berdarah dingin, ini berarti ikan tidak memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya secara internal melalui proses metabolisme, tetapi dalam banyak kasus harus menggunakan perilaku. pola yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan suhu yang memadai untuk perkembangan mereka. Suhu tubuh ikan cukup terganggu, karena badan air tempat tinggalnya berperan sebagai penyerap panas, hal ini disebabkan karena ikan yang memiliki suhu lebih tinggi dari air cenderung cepat kehilangannya karena proses konveksi.

Karena variasi suhu badan air, terutama laut di mana air permukaan cenderung lebih hangat daripada yang dalam, ada variabilitas preferensi dan spesialisasi ikan yang luas untuk beradaptasi dengan suhu yang berbeda dan mencapai itu. metabolisme mereka bekerja seoptimal mungkin, sehingga tindakan vital lainnya seperti makan, pertumbuhan, pematangan, dan reproduksi dapat dilakukan.

Klasifikasi menurut suhu tubuh ikan

Penting untuk menyatakan bahwa ada ikan yang dapat bertahan pada kisaran suhu yang luas, oleh karena itu disebut eurytherm, demikian juga ada ikan yang jangkauan aksinya lebih terbatas, disebut stenotherm. Mengenai suhu yang dapat ditahan oleh vertebrata air ini, kami memiliki klasifikasi berikut.

Ikan air dingin: umumnya ikan yang telah beradaptasi dan dapat mempertahankan suhu tubuh antara 5 dan 15 °C, ikan ini bersifat stenotermik karena jangkauan geraknya terbatas.

Ikan air hangat: dalam kelompok ini kita akan menemukan berbagai ikan eurythermal, karena mereka memiliki kemampuan untuk menahan rentang suhu yang lebih luas mulai dari 6°C hingga 30°C. Beberapa spesies yang dapat hidup dalam kelompok ini adalah: berbagai jenis ikan mas seperti C. carpio, lele (Ictalurus punctatus) dan nila.

Ikan dari perairan tropis: ikan yang hidup di perairan hangat tetapi toleransinya terhadap perubahan suhu kurang dikelompokkan di sini, oleh karena itu dianggap eurythermic. Suhu yang dapat mereka toleransi berfluktuasi antara 25 hingga 30°C dan sebagai contoh kelompok ini kami akan menyebutkan cachama (Colossoma sp) [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *