taksonomi ikan

Klasifikasi Ikan
Inma Molina (flickr.com)/CC BY-SA 2.0

Pada artikel ini kita melihat taksonomi ikan . Termasuk ikan dalam arti luas, yaitu bertulang, bertulang rawan dan bentuk air lainnya yang ditandai dengan tidak adanya rahang.

Taksonomi ikan terus diperdebatkan dan didiskusikan, karena kelompok hewan ini adalah yang paling beragam dan banyak di antara vertebrata. Kemampuan hewan-hewan ini untuk beradaptasi dan mengkolonisasi lingkungan perairan yang berbeda telah menyebabkan diversifikasi morfologi dan genetik yang luas di antara ikan.

Semua hewan vertebrata air yang bernapas melalui insang dan memiliki sirip dianggap sebagai ikan. Ini berarti bahwa hewan-hewan ini membentuk berbagai macam organisme, menjadi yang tertua dan paling beragam di planet ini. Taksonomi ikan terdiri dari lima (5) dari total sembilan (9) kelas clade Vertebrata atau subfilum (vertebrata) dan mencakup hampir 30.000 spesies hewan.

Klasifikasi ilmiah ikan sangat bervariasi dalam beberapa dekade terakhir, dan analisis evolusi dan genetik menunjukkan kompleksitas taksonomi kelompok vertebrata ini. Saat ini, ikan dibagi menjadi dua kelompok besar: ikan tanpa rahang (agnatus) dan ikan berahang (gnathostomes).

Klasifikasi ilmiah ikan

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *