Taksonomi Buaya (Crocodylia: Crocodylidae)


Buaya adalah kelompok reptil purba yang termasuk dalam ordo Crocodylia dan semua spesiesnya saat ini dikelompokkan menjadi dua keluarga. Kelompok reptilia ini penting sebagai predator dalam jaringan trofik ekosistem perairan dan sangat terancam oleh aktivitas antropik seperti perburuan untuk diambil sisiknya. Dalam sejarah evolusi kelompok tersebut, buaya telah mengalami sedikit perubahan morfologis dan morfologi luarnya sangat dilestarikan. Dalam konteks ini, diperlukan karakter taksonomi tambahan yang dapat melengkapi taksonomi buaya dalam mendeteksi spesies samar yang identik secara morfologis dan pemisahan spesies.

Studi taksonomi buaya yang ketat dapat berdampak positif pada program konservasi untuk spesies yang terancam punah, seperti penangkaran dan penyaringan hibrida. Dari sinilah tujuan artikel ini didasarkan, kami bermaksud untuk mendokumentasikan taksonomi buaya dan menyoroti beberapa alat yang digunakan dalam taksonomi kelompok dan kebutuhan taksonominya.

Taksonomi buaya modern

Taksonomi buaya adalah subjek yang menghasilkan beberapa ketidakkonsistenan dalam studi sistematis kelompok tersebut. Tinjauan taksonomi baru-baru ini tentang buaya modern mengusulkan klasifikasi yang konsisten dengan beberapa pengaturan nomenklatur.

Genus Cocrodylus yang beraneka ragam dibagi menjadi empat genera, Cocrodylus diwakili hanya oleh spesies yang disebut C. Niloticus atau buaya Nil, genus Motina untuk empat spesies buaya Dunia Baru, genus Oopholis untuk spesies buaya Asia dan Australia, dan genus Oxycrocodylus untuk Afrika O. suchus . Keempat genera tersebut di atas dikelompokkan dalam suku Crocodylini. Selain itu, marga Mecistops dan Osteolaemus milik suku Mecistopsini. Pada gilirannya, genera Gavialis dan Tomistoma diposisikan dalam suku Gavialini.

Genus Oopholis saat ini dibagi lagi menjadi subgenera, dengan subgenus Philas untuk buaya air tawar yang lebih kecil di dalam Oopholis. Baru-baru ini, spesies baru buaya air tawar telah dideskripsikan, termasuk buaya O. Adelynhoserae yang dilaporkan dari Papua bagian selatan, yang sebelumnya dianggap sebagai varian spesies O. novaeguineae . Spesies baru buaya air tawar lainnya yang baru-baru ini dicirikan adalah spesies O [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2023 Science