Tarsius Horsfield, Cephalopachus bancanus

Tarsius Horsfield, Cephalopachus bancanus
Seshadri.KS/CC BY-SA 4.0

Tarsius Horsfield , Cephalopachus bancanus ( yang menyinggung nama ilmiahnya), adalah mamalia primata kecil dari keluarga Tarsiidae. Sebelumnya ia termasuk dalam genus Tarsius, oleh karena itu juga dikenal dengan sinonimnya Tarsius bancanus .

Empat subspesies dikenali: Cephalopachus bancanus bancanus , Cephalopachus bancanus borneanus , Cephalopachus bancanus natunensis , dan Cephalopachus bancanus saltator .

Deskripsi Fisik

Mata tarsius Horsfield besar, menonjol dari kepalanya. Jantan dewasa berukuran tinggi 12 cm, dengan berat yang bisa mencapai 130 gr. Betina lebih ringan dan lebih pendek dari jantan. Bulunya berwarna abu-abu atau kecoklatan. Ekornya panjang. Kaki belakangnya sangat panjang, yang memungkinkannya menempel di pohon dan melompat dengan sangat mudah dan kuat. Kaki depan lebih pendek. Keduanya memiliki jari yang memanjang, di bagian depan dengan bantalan untuk cengkeraman yang lebih baik.

Habitat Tarsius Horsfield

Mamalia ini lebih suka hidup di hutan tropis dan kebanyakan di dataran rendah, mereka juga banyak terdapat di hutan bakau. Keberadaannya juga terdokumentasikan di pinggir-pinggir hutan dan di beberapa ladang.

Reproduksi Cephalopachus bancanus

Mereka digambarkan sebagai mamalia poligini. Betina memilih jantan untuk kawin. Seorang wanita saat sedang berahi dapat dengan mudah menghargai kehadiran bibir yang lebih tebal. Mereka dapat mendekati wilayah pejantan untuk meninggalkan aroma dan dengan demikian menarik perhatian pejantan. Mereka memancarkan vokalisasi dengan cara pacaran.

Masa kehamilan biasanya berlangsung selama 178 hari dan hanya satu bayi yang lahir setiap musim. Diperlukan waktu hingga 258 hari bagi mereka untuk memulai musim kawin lagi.

Saat lahir muda sudah cukup berkembang, mampu memanjat pohon sejak usia sangat muda (umur satu bulan). Penyapihan terjadi kira-kira 80 hari setelah lahir. Usia reproduksi betina terjadi pada usia hampir tiga tahun.

Saat bayinya lahir, induknya berusaha menjauhkan pejantan dari sarang untuk melindungi anaknya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *