Tarantula, arakhnida raksasa

© Paradais Sphynx; Tarantula

Istilah tarantula mengacu pada sekelompok laba-laba milik keluarga Teraphosidae ( Theraphosidae) , yang mencakup sekitar 900 spesies. Nama tarantula awalnya digunakan untuk menamai spesies laba-laba serigala khas daerah Mediterania, namun saat ini digunakan sebagai nama umum. Tarantula adalah hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Arthropoda (Arthropoda), kelas Arachnida (Arachnida) dan ordo Araneae (Laba-laba). Di dalam ordo tersebut terdapat sejumlah besar famili, termasuk laba-laba besar yang juga disebut tarantula, seperti halnya licosid dan diplurid.

Karakteristik dan deskripsi tarantula

Tarantula adalah hewan invertebrata yang dianggap sebagai laba-laba besar, dengan ukuran tubuh berkisar antara 2,5 hingga 10 sentimeter, sedangkan dengan kaki mereka dapat mencapai hingga 30 sentimeter. Adapun beratnya, yang besar melebihi 80 gram dan beberapa spesies bisa mencapai 150 gram.

Banyak spesies berwarna coklat, terutama yang ditemukan di Amerika. Ada lagi yang bisa berwarna biru, hitam dan kuning. Salah satu ciri yang membedakannya dari laba-laba lain adalah tarantula memiliki rambut yang disebut scopulae. Bulu-bulu ini memungkinkan mereka memanjat permukaan yang tidak dapat diakses laba-laba lain, seperti kaca.

Seperti semua laba-laba, tarantula memiliki tubuh yang terbagi menjadi dua bagian, prosoma dan opisthosoma, mereka memiliki 8 kaki, dengan sepasang chelicerae dan sepasang pedipalps. Tarantula adalah laba-laba beracun dan menyimpan racunnya di kelenjar yang terhubung ke chelicerae.

Di bagian posterior tubuh mereka, mereka memiliki struktur tempat mereka mengeluarkan sutra. Struktur ini dikenal sebagai spineret, dan tidak seperti kebanyakan laba-laba, tarantula hanya memiliki dua atau empat, bukan enam. Tarantula tidak membentuk jaring dan biasanya menggunakan sutra untuk membentuk liang dan tempat berlindung; meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa tarantula tertentu juga dapat mengeluarkan sutra melalui kaki mereka dan itu juga membantu mereka bergerak di permukaan yang licin.

Meski tarantula berpenampilan ganas, hanya cairan yang diserap laba-laba yang bisa masuk ke mulutnya. Organ pencernaan tarantula adalah tabung yang membentang di sepanjang tubuhnya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *