Tanoreksia, masalah kecanduan yang lebih sering terjadi daripada yang Anda kira

sp.depositphotos.com/Roberto Rizzo

Tanorexia adalah gangguan obsesif-kompulsif langka yang diderita beberapa orang.

Mereka merasa tidak puas dengan warna kulit mereka, dan untuk alasan ini mereka berusaha memecahkan masalah pucat dengan tan yang baik, baik secara alami maupun buatan, tetapi karena obsesi, mereka melebih-lebihkan dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit mereka.

Seperti kecanduan apa pun, tanorexia adalah masalah yang sulit untuk diperbaiki, karena orang yang menderita itu memiliki persepsi yang salah tentang warna kulit mereka, sementara mereka ingin mendapatkan warna yang diinginkan untuk memproyeksikan citra yang membuat mereka merasa nyaman.

Masalahnya adalah bahwa mereka tidak pernah benar-benar setuju, dan dalam upaya mereka untuk mendapatkan kulit cokelat yang sempurna, mereka melangkah terlalu jauh, sampai melukai diri sendiri.

Orang-orang ini juga cenderung mengalami gangguan makan, karena mereka terobsesi mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten, seperti wortel, karena meningkatkan vitamin A, yang membantu meningkatkan penyamakan.

Atau sebaliknya mereka mengobati sendiri dengan dosis "vitamin A" yang tidak sesuai untuk meningkatkan efeknya.

Namun, yang mereka alami adalah menderita hipervitaminosis A, yang membawa konsekuensi kesehatan yang serius, seperti osteoporosis, hepatosplenomegali, nyeri tulang, penglihatan kabur, dan kondisi lainnya.

Selain itu, orang-orang ini tidak menyadari memiliki jenis masalah ini, sehingga mereka tidak akan melakukan apa pun untuk memperbaikinya kecuali mereka mendapat bantuan spontan dari orang lain.

Tanoreksia terkait erat dengan harga diri dan karenanya terlihat pucat membawa frustrasi dan depresi.

Baik pria maupun wanita dapat menderita tanoreksia, tetapi lebih sering terjadi pada wanita.

Apakah berjemur selalu berbahaya?

Matahari merupakan elemen vital bagi kehidupan dan tidak semua paparannya akan menimbulkan gangguan kesehatan, justru sebaliknya berjemur terutama di dini hari sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Beberapa manfaat adalah:

  • efek antidepresan.
  • Menghambat proses seboroik.
  • Memperbaiki lesi jerawat karena sifat antimikrobanya.
  • Membantu mengendalikan psoriasis, di antara kondisi kulit lainnya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *