Thaliaceae, kelas (Thaliacea), ciri-ciri dan daur hidup

Paradais Sphynx/CC BY 2.0

Lautan dan samudera di planet ini menyajikan kekayaan yang luar biasa dalam hal komposisi planktonik yang membuat kehidupan di dalamnya, kita dapat menemukan berbagai macam spesies baik anggota fitoplankton maupun zooplankton, hewan-hewan yang diwakili oleh keanekaragaman yang luar biasa milik Filum yang berbeda. di mana mereka termasuk dari tahap larva, remaja dan dewasa. Dalam subphylum urochordate terdapat beberapa hewan kecil dan meskipun memiliki kemiripan tertentu dengan sea squirt, mereka memiliki ciri khas tersendiri di dalam kelompoknya, itulah sebabnya mereka diklasifikasikan dalam kelas tersendiri, kelas ini disebut thaliacea (Thaliacea) .

Kelas Thaliacea, secara taksonomi, termasuk dalam filum chordate, terdiri dari 7 famili, 25 genera dan sedikit lebih dari 70 spesies, dalam bahasa sehari-hari disebut salp dan merupakan bagian dari plankton, di bawah ini kami akan menyebutkan karakteristik perwakilan dari kelompok ini termasuk proses makan, reproduksi dengan contoh spesies yang termasuk dalam kelompok ini.

Ciri-ciri thaliaceae

Seperti yang telah disebutkan, thaliacea adalah bagian dari plankton yang ada di semua lautan, sebagian besar berukuran hanya beberapa sentimeter, sementara yang lain yang memiliki jenis kehidupan kolonial dapat dengan mudah melebihi 10 meter. Tubuh thaliaceae memiliki bentuk tertentu, seperti sea squirt, memiliki dua siphon, tetapi terletak di kutub yang berlawanan dari tubuhnya, yaitu satu di bagian depan dan satu lagi di belakang, memenuhi fungsinya. memungkinkan masuk dan keluarnya air, beberapa di antaranya memanfaatkan fungsi ini untuk mobilitas melalui efek propulsi jet, selain menangkap partikel makanan.

Deskripsi tubuh thaliaceae relatif sederhana, dengan bentuk seperti tong silinder, agar-agar dan transparan, beberapa di antaranya dapat memancarkan cahaya (bioluminescent), melalui tubuhnya terlihat pita-pita otot yang mengelilinginya, yang bertanggung jawab untuk membawa keluar proses kontraksi untuk melewatkan air melalui sifon, dengan cara yang sama Anda dapat melihat jeroan yang membentuk massa padat di posisi ventral, ini berwarna cerah, umumnya kekuningan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *