Staphylococcus aureus

Di alam terdapat jutaan spesies bakteri (seperti Staphylococcus aureus ), berhasil menonjolkan banyak di antaranya baik karena kegunaan dan manfaatnya bagi manusia atau, sebaliknya, karena kemampuannya menimbulkan infeksi serius yang dapat menyebabkan kematian. Staphylococcus aureus adalah bakteri yang dikenal di seluruh dunia, umum ditemukan di institusi rumah sakit dimana mereka sering menimbulkan masalah bagi pasien.

Staphylococcus adalah genus bakteri yang termasuk dalam famili Staphylococccaceae, yang mencakup 5 genera dan 75 spesies. Secara khusus, bakteri ini mewakili persentase infeksi nosokomial yang tinggi; oleh karena itu, telah dipelajari secara luas. Pada artikel ini kita akan mempelajari apa itu, siapa penemunya, serta ciri-ciri umum dan beberapa penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme ini.

Apa itu Staphylococcus aureus ?

Ini adalah bakteri yang termasuk dalam kelompok Gram-positif, kepentingannya terletak pada fakta bahwa ia memiliki kemampuan untuk menghasilkan banyak infeksi, baik pada manusia maupun pada hewan, itulah sebabnya istilah patogen diciptakan.

Nama Staphylococcus terdiri dari dua kata Yunani yaitu " sthapyle " yang bila diterjemahkan mengacu pada cluster dan kata " kokoque " yang berarti biji-bijian. Semua ini menentukan salah satu karakteristiknya, yaitu mereka berkelompok dan membentuk aglomerasi yang mirip dengan tandan buah anggur. Untuk bagiannya, " aureus " berasal dari bahasa Latin dan mengacu pada warna emas (emas) koloni saat tumbuh di laboratorium.

Siapa yang menemukannya?