Larutan isotonik, apa itu, efek dan contohnya

Semua sel mempertahankan interaksi dengan lingkungan eksternal, yang dapat terdiri dari serangkaian solusi dengan karakteristik berbeda. Salah satunya adalah larutan isotonik , yang komposisinya sangat menarik untuk menjaga proses osmotik dan integritas sel. Solusi ini memiliki efek langsung melalui difusi pasif yang dapat mengubah konsentrasi zat terlarut dalam sel tubuh.

Larutan isotonik memungkinkan menjaga keseimbangan osmotik, yang secara positif memengaruhi fungsi dan pemeliharaan proses fisiologis dan metabolisme sel. Pada artikel ini, kami akan membahas semua karakteristik larutan isotonik, bagaimana pengaruhnya terhadap integritas sel, beberapa kegunaan dan contohnya.

Apa itu larutan isotonik?

Ketika dua larutan dipisahkan oleh membran semipermeabel, dan konsentrasi zat terlarut di keduanya identik, itu diidentifikasi sebagai larutan isotonik. Membran yang memisahkan kedua larutan hanya memungkinkan pelarut melewati pori-porinya secara pasif.

Dalam istilah biologis, dapat dicontohkan dengan sel, unit-unit ini dikelilingi oleh membran plasma, yang merupakan membran semipermeabel alami. Larutan yang ada di dalamnya (cairan intraseluler) memiliki konsentrasi zat terlarut yang sama dengan larutan yang mengelilinginya (cairan ekstraseluler). Dalam hal ini, larutan ekstraseluler adalah larutan yang akan diidentifikasi sebagai larutan isotonik.

Mekanisme aksi

Tidak seperti jenis larutan lain, seperti larutan hipertonik atau hipotonik, larutan isotonik tidak berpengaruh pada tekanan osmotik sel, melainkan menjaga keseimbangan antara lingkungan intraseluler dan ekstraseluler.

Ketika larutan isotonik bersentuhan dengan membran semipermeabel, tidak ada aliran masuk atau keluar air ke satu sisi atau sisi lain, tetapi prinsipnya terpenuhi jika satu molekul air keluar, yang lain masuk pada saat yang sama .

Kapan mereka digunakan?

Keseimbangan osmotik antara cairan intraseluler dan ekstraseluler sangat penting untuk berfungsinya organisme hidup, jadi mempertahankannya adalah tugas yang harus dipenuhi oleh larutan isotonik. Pada kesempatan tertentu dimungkinkan keseimbangan ini terpengaruh, sehingga perlu mengganti konsentrasi dengan menggunakan larutan yang disiapkan untuk tujuan ini [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *