Sistem integumen kucing, kulit dan rambut, karakteristik dan struktur

Sistem integumen kucing: mantel

Kulit dan rambut membentuk sistem integumen kucing , ini sangat relevan untuk melindungi kucing dari lingkungannya, karena berfungsi sebagai penghalang terhadap cuaca buruk seperti dingin, panas, juga sebagai perlindungan terhadap kerusakan fisik . Kulitnya kendur, elastis dan tahan, ketebalannya bervariasi tergantung daerah tubuh kucing, permukaannya juga tergantung ukuran hewannya.

Penampilan bulu pada umumnya indah, pada ras kucing bisa sangat bervariasi, baik panjang, tekstur, warna atau pola yang dicap padanya. Ini adalah indikator yang dapat membantu memperingatkan adanya patologi tertentu pada kucing, karena jika terjadi, rambut menjadi kurang berkilau.

Mari kita lihat aspek paling relevan yang terkait dengan sistem integumen kucing.

Mantel dan rambut kucing

Seperti pada manusia, bulu kucing tumbuh dan mati, sehingga mengalami proses pembaharuan yang konstan. Kucing berbulu panjang cenderung kehilangan sebagian besar rambut hampir sepanjang tahun, jadi mereka membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kucing berbulu pendek, yang terakhir biasanya kehilangan rambut di musim semi, selama sisa tahun ini mereka membutuhkan lebih sedikit perhatian terkait. menghilangkan rambut mati.

Dalam sistem integumen kucing terdapat bulu-bulu tertentu dengan fungsi khusus, seperti kumis atau vibrissae, mereka telah mengalami beberapa modifikasi dan bertindak sebagai organ sensorik berkat hubungannya dengan sel-sel saraf, bahkan dengan fungsi serupa mereka juga ada di tempat lain. bagian tubuh seperti kaki belakang atau leher.

Rambut lainnya diklasifikasikan sebagai:

Rambut pelindung: Mereka adalah rambut utama, yang terpanjang dan paling keras. Lebih banyak di area dorsal dan flanks. Saat mereka berdiri tegak, misalnya kucing marah, itu karena folikelnya memiliki otot erector. Mereka juga berguna untuk mengurangi kehilangan panas. Merekalah yang menentukan warna mantel.

: Lebih panjang, lebih pendek dan mengelilingi rambut primer, disebut juga rambut pelindung sekunder. Mereka memiliki tekstur kasar.

Lapisan bawah: Lebih pendek, bergelombang dan beludru, karena tujuannya adalah untuk bertindak sebagai penyekat, oleh karena itu mereka padat dan berbulu [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *